Pembangkit EBT Akan Terangi Wilayah Perbatasan Kalimantan Utara

Sabtu, 6 Mei 2017, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Rida Mulyana, meresmikan infrastruktur Pembangkit EBTKE di Dusun Sindau, Desa Liago, Kabupaten Bulungan, Propinsi Kalimantan Utara. Hal ini menunjukkan komitmen Pemerintah Indonesia dalam menyediakan akses listrik secara merata dan berkeadilan bagi seluruh warga negara Indonesia, jelasnya. Pembangkit ini merupakan bagian dari Program Kementerian ESDM yang telah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja dan Negara (APBN) Tahun Anggaran 2016, yang terdiri dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), dan Penerangan Jalan Umum (PJU).

"Listrik itu sangat memengaruhi hidup dan kehidupan masyarakat, dan salah satunya meningkatkan pendidikan, kualitas hidup, dan ujungnya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Keberadaan listrik juga akan mendorong pembangunan", ujar Rida Mulyana. "Selamat atas dinikmatinya PLTS ini, dan saya minta untuk dijaga agar manfaatnya lebih banyak lagi dirasakan oleh bapak ibu sekalian", tambahnya.

Infrastruktur yang diresmikan oleh Dirjen EBTKE tersebut meliputi 2 unit PLTS terpusat dengan kapasitas terpasang masing-masing sebesar 15 kWp dan 30 kWp yang dipasang di Desa Liago Kecamatan Sekatak. Kedua PLTS ini telah mulai beroperasi sejak bulan November 2016 dengan sistem offgrid, dan telah memenuhi kebutuhan listrik untuk 197 unit rumah warga beserta fasilitas umum, seperti sekolah, gedung pertemuan warga dan rumah ibadah.

Selain itu, Kementerian ESDM juga telah membangun beberapa infrastruktur pembangkit EBT lainnya, antara lain 2 unit PLTMH dengan kapasitas sebesar 20 kW di Desa Rajuk Semolon Kabupaten Malinau, PLTMH dengan kapasitas sebesar 39 kW di Desa Long Jelet Kabupaten Malinau, 155 unit PJU Tenaga Surya di Kabupaten Bulungan, 40 unit PJU Tenaga Surya di Kabupaten Tana Tidung, 45 unit PJU Tenaga Surya di Kabupaten Tarakan, dan 85 unit Retrovit di Kabupaten Bulungan.

sumber


Kategori Berita