Kerjasama JIEP dan EMI Untuk Mewujudkan Eco Green Industrial Estate

Jumat 3 November 2017, bertempat di Auditorium Gedung Graha Daya Guna - Kawasan Industri Pulogadung, telah diadakan Coffee Morning yang bertajuk "Efisiensi Energi dan Pengendalian Pencemaran Lingkungan". Tujuan dari pelaksanaan kegiatan Coffee Morning ini adalah untuk memberikan edukasi dan motivasi kepada pelaku industri yang berada di kawasan JIEP (Jakarta Industrial Estate Pulogadung) tentang manfaat Efisiensi dan Konservasi Energi serta pengendalian pencemaran lingkungan. Selain itu terdapat diskusi interaktif menarik yang diikuti oleh pelaku industri dengan para narasumber dan juga perwakilan Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia sebagai regulator, yang akan membahas berbagai isu seputar kedua hal tersebut di atas.

Acara Coffee Morning tersebut sebelumnya didahului agenda Penandatanganan Kerjasama (PKS) antara PT JIEP dan PT EMI (Persero) sebagai landasan kerjasama yang akan dilakukan oleh kedua belah perusahaan. Untuk membantu JIEP dalam mengimplementasikan program Eco Green Industrial Estate, khususnya dalam bidang Konservasi dan Efisiensi Energi, maka JIEP mengajak PT EMI untuk bekerjasama. Cakupan kerjasama akan meliputi konsultasi dan pengelolaan Eco Green Industrial Estate, khususnya di bidang Konservasi dan Efisiensi Energi serta Sumber Daya Alam lainnya, baik bagi kawasan JIEP maupun bagi para pelaku industri yang tergabung di dalam Kawasan JIEP. Rencananya JIEP akan membuka layanan Green Corner untuk memfasilitasi investor serta tenant dalam hal pengelolaan lingkungan hidup berkelanjutan.

Head of Corporate Secretary PT JIEP, Purwati Puri, menjelaskan bahwa selama ini industri identik dengan boros energi, polusi serta limbah, oleh karena itu dengan adanya kerjasama antara JIEP dan PT EMI diharapkan dapat tercipta efisiensi energi dan pengendalian pencemaran polusi serta limbah, baik di kawasan JIEP secara keseluruhan, maupun di area masing-masing tenant dan/atau pelaku industri di kawasan JIEP. “Green Corner akan menjadi layanan bagi investor maupun tenant PT JIEP bagaimana pengelolaan lingkungan hidup, dan pemantauan lingkungan hidup,” kata Puri lebih lanjut.

PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (“JIEP”) merupakan suatu perusahaan BUMD/BUMN yang sahamnya dimiliki bersama antara Pemerintah Provinsi DKI dan Pemerintah Indonesia. JIEP telah berdiri sejak tahun 1973 dan bergerak di bisnis Pengembang dan Pengelola Kawasan Terpadu untuk Industri, Bisnis, Properti dan Logistik. Sejak tahun 2014, JIEP tengah melaksanakan Transformasi Korporasi Menuju JIEP Baru demi mencapai visinya untuk menjadi pengembang dan pengelola kawasan terpadu yang berstandar internasional, bernilai tambah tinggi, serta berwawasan lingkungan, dimana salah satu tujuan transformasi ini adalah mewujudkan Eco Green Industrial Estate yang mengacu kepada konsep penataan ruang terbuka hijau serta pemeliharaan daya dukung lingkungan, termasuk pengelolaan penggunaan air tanah, upaya peningkatan efisiensi pemanfaatan sumber daya alam, serta pelaksanaan konservasi energi melalui pemanfaatan sumber energi terbarukan. Hal ini sejalan dengan upaya Pemerintah yang sedang mengembangkan Program Kawasan Industri Hijau sebagai strategi untuk mewujudkan ekonomi berorientasi lingkungan sekaligus menunjang pertumbuhan di sektor industri. 

PT Energy Management Indonesia (Persero) (“PT EMI”) merupakan sebuah BUMN yang telah berdiri sejak tahun 1987, dan sejak awal telah memfokuskan diri untuk bergerak di bisnis Konservasi dan Efisiensi Energi. PT EMI telah banyak membantu klien dan mitra kerjanya untuk mencapai penghematan energi, baik di sektor bangunan gedung maupun industri. Hal ini tentunya sejalan dengan program Eco Green Industrial Estate yang dimiliki oleh JIEP. 

Kerjasama yang akan dilakukan oleh kedua belah pihak ini tentunya sejalan dengan Semangat Sinergi BUMN yang dicanangkan oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian BUMN, sekaligus menjalankan misi dari kedua Perusahaan pelat merah tersebut yaitu Melakukan Sinergi dengan BUMN dan/atau BUMD, dalam hal pengembangan dan pelaksanaan bisnis Perusahaan.


Kategori Siaran Pers
Sub Kategori Berita