Ubah Perilaku, ESDM Canangkan Gerakan Konservasi Energi ‘Potong 10’

Pemerintah, melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), telah mencanangkan Gerakan Konservasi Energi ‘Potong 10%’.

Gerakan yang bertujuan untuk mendorong kesadaran mengenai efisiensi dan tanggung jawab dalam hal pemanfaatan energi menurut Menteri ESDM, Sudirman Said  merupakan gerakan merubah perilaku sebagai gaya hidup.

“Potong 10% merupakan gerakan/aksi bersama yang melibatkan Pemerintah, pelaku bisnis/industri, organisasi masyarakat sipil, dan individu, yang bisa diterapkan pada aktivitas sehari-hari. Gerakan potong 10% itu merupakan perubahan perilaku,” ujarnya di Jakarta.

Untuk itu, Sudirman menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan kampanye besar-besaran bagaimana membuat hemat energi itu menjadi pola hidup, “Tentu saja ini akan memakan waktu tapi akan kita dorong dari sekarang,” imbuhnya.

Sebagai informasi, gerakan ‘Potong 10%’ merupakan gerakan bersama yang melibatkan banyak pihak tidak saja dari Pemerintah namun juga melibatkan pelaku bisnis, industri, organisasi masyarakat, dan juga individu-individu.

“Ini akan kita dorong menjadi suatu gerakan baru dan jika kita bisa laksanakan gerakan ini maka kita akan menghemat setara 600 watt-hour yang jika kita geser ke wilayah yang belum memiliki listrik kita bisa melistriki satu rumah didaerah terpencil,” tuturnya.

Selain itu, Sudirman mengungkapkan, ada hubungannya antara hemat energi dengan aspek pemerataan, dari tempat-tempat yang sudah cukup energinya bahkan yang cenderung berlimpah energinya sehingga menggunakannya secara tidak bijaksana, kemudian secara nasional resourcesnya dipindahkan ketempat-tempat yang masih membutuhkan.

Sumber


Kategori Berita