Menteri Sudirman: Energi Alternatif Adalah Energi Utama

Menteri Energi dan Sumber Daya (ESDM) Sudirman Said/foto:istimewa

Publicapos.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyampaikan bahwa rencana pengembangan energi di masa depan ialah menempatkan energi alternatif sebagai sumber energi utama nasional.

 "Selama ini energi alternatif dianggap sebagai energi tambahan. Kita harus ubah, tidak boleh lagi menyebut energi alternatif. Itu energi utama," tutur Sudirman, ketika ditemui dalam acara pelantikan pejabat eselon Kementerian ESDM di Jakarta, Kamis (07/05).

Selain itu, ia juga mengimbau pejabat terkait untuk menggalakkan kampanye secara besar-besaran mengenai penggunaan sumber energi baru tersebut.

 "Hukumnya sudah ada, undang-undangnya pun juga ada, tapi `enforcement`nya (penegakan) yang tidak ada. Kita perlu revolusi dalam bekerja," tukas Menteri Sudirman.

 Secara khusus ia meminta kepada jajaran Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) untuk melakukan terobosan terhadap sumber energi terbaru dalam lima tahun ke depan.

 Pada tahun 2025 ia berharap sumber energi baru dan terbarukan tersebut mampu memenuhi 25 persen komposisi kebutuhan energi nasional.

 Selain itu, ia menjelaskan bahwa saat ini Kementerian ESDM kekurangan tenaga manajer energi untuk melakukan pengawasan dan pengelolaan terhadap bangunan atau fasilitas industri yang telah melampau level tertentu.

 "Kita butuh 1.500 manajer energi yang harus mengelola bangunan, gedung, pabrik, yang sudah melampaui masa atau level tertentu. Tapi yang kita punya kurang dari 100," kata Menteri Sudirman, memaparkan.

 Ia pun meminta kepada Ditjen EBTKE agar segera melakukan pelatihan dan sertifikasi manajer energi, mengingat ketersediaan tenaga ahli tersebut yang masih jauh dari kebutuhan.

 Dalam acara tersebut Menteri ESDM melantik 39 pejabat dengan komposisi lima eselon I dan 34 dari eselon II sebagai upaya penyegaran di lembaga itu.

 Pejabat eselon I yang dilantik ialah I Gusti Nyoman Wiratmaja (Dirjen Migas), Jarman (Dirjen Ketenagalistrikan), Bambang Gatot Ariyono (Dirjen Minerba), Rida Mulyana (Dirjen EBT dan Konservasi Energi), dan Satry Nugraha (Sekjen Dewan Energi Nasional).

Sumber : http://www.publicapos.com/ekonomi/8349-menteri-sudirman-energi-alternatif-adalah-energi-utama - 11 Mei 2015


Kategori Artikel