Konjen Jepang Resmikan Proyek Air Bersih di Aceh Tamiang

Konsulat Jenderal Jepang di Medan, Hirofumi Morikawa, meresmikan proyek bantuan hibah pembangunan fasilitas air bersih di Desa Kuala Pusung Kapal, Kecamatan Seruway, Aceh Tamiang, Aceh, Selasa (12/5). Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Hirofumi Morikawa bersama Wakil Bupati Aceh Tamiang, Iskandar Zulkarnain.

Penandatanganan kontrak hibah ini dilakukan pada 9 Oktober 2014 melalui program Grant Assistance for Grassroots Human Security Project. Dalam penandatanganan kontrak hibah tersebut, Jaringan Komunitas Masyarakat Adat (JKMA) Suloh Tamiang menerima hibah sebesar US$ 81.186 atau sekitar Rp 950 juta. Bantuan tersebut digunakan untuk membangun fasilitas air bersih di Desa Kuala Pusung Kapal Kabupaten Aceh Tamiang.

Hirofomi menyebutkan, bantuan hibah tahun anggaran 2013 telah diberikan kepada JKMA Suloh Tamiang sebagai bentuk kerja sama, dukungan dan wujud kepedulian dari masyarakat Jepang kepada masyarakat Indonesia.

Bantuan ini merupakan hibah yang diberikan secara langsung kepada LSM (lembaga swadaya masyarakat) maupun yayasan untuk kebutuhan masyarakat secara cepat. Melalui skema tersebut, Pemerintah Jepang lewat Kedutaan Besar maupun Konsulat mereka yang ada di Indonesia sejak tahun 2000 lalu telah memberikan bantuan hibah hingga US$ 3.5 juta atau kurang lebih setara dengan Rp 44,7 miliar dengan 40 total proyek di Provinsi Aceh.

Sumber : http://demo.analisadaily.com/terkini/news/konjen-jepang-resmikan-proyek-air-bersih-di-aceh-tamiang/133198/2015/05/13


Kategori Artikel