KemESDM Akan Terus Tingkatkan Rasio Elektrifikasi

Presiden Joko Widodo (kedua dari kanan) saat Peluncurkan Program Pembangunan Pembangkit 35.000 MW di Samas, Bantul, Yogyakarta (Antara/Sigid Kurniawan)

Jakarta, GATRAnews- Kementerian ESDM (KemESDM) berkomitmen terus meningkatkan rasio elektrifikasi di Indonesia, dari tingkat saat ini sebesar 84%, ditargetkan mencapai 99,4% pada tahun 2024. Langkah konkrit yang dilakukan oleh pemerintah demi mencapai target ini adalah dengan melakukan Program 35.000 MW oleh Presiden Joko Widodo, yang didampingi Menteri ESDM Sudirman Said di Pantai Samas, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. 

Lokasi ini dipilih, dengan pertimbangan, di pantai ini akan dibangun PLTB terbesar di Indonesia, yakni 50 MW.
“Kita mulai sejarah membangun energi baru terbarukan di Yogyakarta untuk menunjukkan ke masyarakat bahwa kita serius membangun energi baru terbarukan” ungkap Menteri ESDM, Sudirman Said, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Senin (4/5).
Dengan semakin terbatasnya cadangan energi fosil yang tersedia, lanjut dia, pemerintah wajib untuk melakukan diversifikasi energi menuju energi baru terbarukan untuk menjaga ketahanan energi nasional.
Saat ini total kapasitas terpasang nasional sebesar 50.000 MW. Dengan mempertimbangkan proyeksi pertumbuhan ekonomi sebesar 6-7% per tahun, dalam lima tahun kedepan akan dibutuhkan tambahan kapasitas listrik sebesar 7.000 MW per tahun, dengan total 35.000 MW, yang meliputi unsur 20.000 MW dari PLTU, 13.000 MW dari gas, dan 3.700 MW dari energi terbarukan.
Pengembangan suatu bentuk energi yang masih relatif baru, lanjut dia, tentunya memiliki berbagai tantangan, terutama terkait dengan alih teknologi dari pihak asing.
“Tantangan yang dihadapi untuk menuju energi terbarukan masih banyak, contohnya teknologi yang sebagian besar masih diimpor,” jelas Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Rida Mulyana perihal tantangan yang dihadapi dalam mengembangkan energi baru terbarukan.
Pemerintah sebagai policy maker akan terus membuat aturan untuk menarik investor untuk berinvestasi pada sektor energi baru ini.

Sumber : http://www.gatra.com/ekonomi-1/industri/145584-kemesdm-akan-terus-tingkatkan-rasio-elektrifikasi.html - 11 Mei 2015


Kategori Artikel