Ilmuwan Temukan Tembok Pintar sebagai Sumber Energi Listrik

menjelma menjadi kebutuhan utama manusia. Hampir semua perangkat kerja membutuhkan pasokan energi listrik. Masalah utamanya adalah pembangkit listrik sebagian besar menggunakan fosil sebagai pembangkit energinya. Mulai dari batu bara, hingga minyak bumi digunakan sebagai bahan bakar pembangkit daya. Kendala kedua adalah bangunan pembangkit listrik membutuhkan lahan yang luas untuk dapat beroperasi.

Sebagai peneliti, Thibaud Le Séguillon menyadari hal itu. Mengamati sekelilingnya, ia menyadari potensi besar pembangkitan energi dari tembok bangunan, atap atau kaca jendela. Terdengar mustahil, namun Thibaud Le Séguillon dan sekelompok peneliti dari perusahaan Heliatek dari Dresden, Jerman membuat terobosan penting : lembaran tipis sel surya organik.

Dalam press release-nya, Heliatek mengklami mendapat dukungan dari pemerintah setempat untuk pengembangan lanjutan. Mereka juga mendapat penghargaan Tech-Pionier oleh Forum Ekonomi Dunia.

Dilansir dari situs dw.de,lembaran sel surya ini bisa mewujudkan visinya agar tembok, jendela dan setiap permukaan sebuah bangunan bisa memproduksi listrik.

Sumber


Kategori Berita