Gonjang-Ganjing Harga Minyak Ancam Ekonomi Dunia

Kemerosotan harga minyak yang di luar kebiasaan sejak pertengahan tahun lalu menjadi berkah bagi konsumen dunia yang menginginkan bahan bakar murah. Namun, kondisi tersebut telah meningkatkan volatilitas pasar minyak mentah dan, ujungnya, mengganggu perekonomian dunia.

Harga energi yang naik-turun dapat memicu penangguhan investasi dan perlambatan pertumbuhan tenaga kerja.

Komisi Ekonomi dan Iklim Dunia akan menerbitkan laporan berjudul “Harga Minyak dan Ekonomi dalam Iklim Baru” pekan ini. Isinya adalah analisis mengenai manfaat dan ongkos menyiasati perubahan iklim.

Laporan itu mendesak para pengambil kebijakan untuk menopang penggunaan energi terbarukan yang harga dan volatilitasnya rendah.

Sumber-sumber energi terbarukan seperti matahari dan angin memiliki biaya operasional rendah setelah terpasang. Selain itu, ongkos pemasangan fasilitas energi terbarukan terus jatuh dan membuat harganya bersaing.

Harga minyak turun hingga setengahnya pada semester kedua tahun lalu menyusul pasokan berlebih dan permintaan lemah.

Menurut laporan tersebut, harga minyak dalam tingkat sekarang akan menambah ketergantungan dunia pada bahan bakar fosil, yang berujung pada perubahan iklim. Periode harga minyak rendah seharusnya menjadi pemicu banyak negara untuk mengurangi ketergantungan tersebut serta melakukan reformasi subsidi bahan bakar fosil.

Sumber : http://indo.wsj.com/posts/2015/05/13/gonjang-ganjing-harga-minyak-ancam-ekonomi-dunia/


Kategori Artikel