Haji Uun: Semoga Saya Dapat Pelanggan Baru di Pameran Ini

Geliat industri bordir Indonesia seakan tak menemukan ujungnya, meskipun badai krisis ekonomi sempat mampir di 2008 lalu, industri bordir tetap berdiri tegak memenuhi kebutuhan masyarakat akan produksi bordir. Termasuk di dalamnya industri bordir yang ada di Tasikmalaya, tepatnya di daerah sentra bordir Kawalu.

Sentra bordir Kawalu memiliki sejarahnya sendiri dan telah terkenal di seantero jagad sebagai salah satu pusat industri bordir terbaik yang dimiliki Indonesia. Tersebar di 12 kecamatan dan 24 desa, produksi bordir di Sentra Bordir Kawalu telah memasok produknya untuk pasar nasional dan internasional.

Beberapa negara yang menjadi pasar produksi bordir Tasik adalah Malaysia, Brunei Darussalam, Saudi Arabia, Negara Timur Tengah dan Afrika. Termasuk di antara pengusaha yang melakukan ekspor industri bordir adalah Haji Uun Purnama, seorang mitra binaan PKBL PT DAHANA (Persero).

“Saya pengiriman ke Malaysia dua sampai lima kodi setiap bulan, saya belum bisa mengirim banyak, karena terhambat biaya pengiriman yang sangat mahal,” ujar Uun kepada Dfile.

Sebelumnya, Uun mengatakan, dia memulai usaha bordir ini sejak kuliah, secara mandiri dan nyaris tanpa modal. Tentu dengan kondisi tersebut Uun hanya mampu memenuhi sebagian dari kebutuhan pribadinya. Akhirnya Uun melakukan kerjasama dengan PT DAHANA (Persero) yang memiliki Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

“Saya menjadi mitra DAHANA sejak 15 tahun yang lalu, DAHANA membantu saya modal berupa uang sejumlah 5 juta rupiah pada saat itu.” tambah Uun.

Uun mengakui omset usahanya saat ini sudah mencapai 20 hingga 30 kodi perbulan untuk pasar nasional, tidak cukup sampai di sana, Uun mengikuti acara Trade Expo Indonesia 2017 untuk memperkenalkan produknya ke dunia internasional dan mendapat pelanggan baru.

“Saya ikut pameran ini untuk mencari langganan-langganan dan jaringan agar usaha saya maju dan berkembang,” tutur Uun dengan semangat.

Sebelumnya, Haji Uun Purnama terpilih di antara banyaknya mitra PKBL DAHANA untuk mengikuti acara Trade Expo Indonesia 2017 yang diadakan di International Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan pada 11 hingga 15 Oktober 2017. Haji Uun Purnama memproduksi Mukena, Baju Koko, dan produk bordir lainnya, Alamat produksinya berada di Cicarlang, Rt 002/018 Kel. Kersamenak Kec. Kawalu. Kota Tasikmalaya. Pembaca dapat menghubungi Pak Uun di 08139-4969-500. (yq)


Kategori Berita