UNHAN - DAHANA Menjalin Kerjasama

UNHAN Tawarkan Beasiswa S2 untuk Karyawan DAHANA

Dalam rangka mensinergikan dunia industri dan akademik, khususnya dibidang industri strategis, Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan) menjalin kerjasama dengan PT DAHANA (Persero) perusahaan plat merah penghasil bahan peledak komersil dan militer.

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Unhan dengan DAHANA dilaksanakan di Kampus Dahana pada 14 September 2016 oleh Rektor Unhan I Wayan Midhio, M.Phil dengan Direktur Utama PT DAHANA (Persero) Budi Antono. Sementara penandatanganan Perjanjian Kerjasama dilakukan oleh Ketua LP3M Unhan Dr. Ir. Supartono, M.M dan Direktur Keuangan dan SDM PT DAHANA (Persero) Susilo Hartanto.

I Wayan dalam sambutannya memaparkan, kerjasamanya dengan DAHANA adalah sesuai dengan rencana kedepan Unhan yakni akan membangun fakultas baru yaitu Fakultas Keamanan Nasional. Saat ini, kampus khusus pasca sarjana yang didirikan pada tahun 2009 ini kini sudah memiliki dua fakultas, dengan 14 program studi.

“Sesuai dengan saran dari Kemenristekdikti tahun ini harus mendirikan fakultas baru yaitu teknologi pertahanan, hal ini untuk menunjang SDM di Indonesia untuk pengembangan bidang teknologi pertahanan,” terang I Wayan dalam sambutannya.

I Wayan pun menerangkan, sebagai pemberi program beasiswa, Unhan siap menerima staf atau karyawan PT DAHANA (Persero) yang akan melanjutkan program S2. Menurutnya, berbagai fasilitas diberikan oleh Unhan kepada mahasiswanya. seperti bebas biaya perkuliahan atau beasiswa, uang saku, mess dan makan, biaya Kuliah Kerja Dalam Negeri dan Kuliah Kerja Luar Negeri untuk mengenalkan mahasiswa pada dunia luar dan wilayah tertentu di berbagai provinsi di Indonesia.

Sementara itu, Budi Antono Direktur Utama PT DAHANA (Persero) menyatakan bahawa kunjungan tim Unhan ke DAHANA ini memotivasi karyawan atau staf PT Dahana untuk meningkatkan SDM di bidang pendidikan.

“Kami sangat menyambut baik kerjasama ini, karena ini terkait dengan peningkatkan SDM di DAHANA juga,” kata Budi Antono.

Selain penawaran kerjasama dibidang pendidikan, dalam kerjasama Unhan dan DAHANA diantaranya mencakup mahasiswa Unhan maupun dosen Unhan dapat melaksanakan penelitian di DAHANA. Hal ini mengingat perusahaan yang memiliki kawasan Energetic Material Center (EMC) telah mampu mengembangkan dan memproduksi bahan peledak keperluan militer dan industri non militer di dalam dan luar negeri.


Kategori Artikel