Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Perum BULOG

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) atau yang saat ini dikenal sebagai Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di Perum BULOG dipandang sebagai sebuah indikator kematangan dan kinerja yang baik dari perusahaan yang menyelenggarakannya. Konsepnya dimulai dengan pemahaman bahwa perusahaan tidak lagi hanya dihadapkan pada tanggung jawab yang berpijak pada single bottom line yaitu aspek ekonomi/keuntungan (profit), tetapi dihadapkan pada tanggung jawab yang berpijak pada triple bottom line yakni aspek lingkungan (planet), sosial masyarakat (people), dan ekonomi/keuntungan (profit). Keberlanjutan (sustainable) sebuah Perusahaan akan terjamin dan berjalan dengan baik apabila Perusahaan tersebut memperhatikan 3 (tiga) pilar tersebut.

Ketiga pilar tersebut juga menjadi dasar bagi Perum BULOG untuk melakukan kegiatan usaha yang berkelanjutan. Perum BULOG mewujudkan pemenuhan tanggung jawab tersebut dengan pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

PKBL/TJSL menjadi panduan bagi Perum BULOG untuk lebih meningkatkan perhatian dan kepedulian terhadap lingkungan dan kondisi sosial masyarakat di sekitar lingkungan Perum BULOG sebagaimana yang diatur pada Pasal 88 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang Bandan Usaha Milik Negara bahwa BUMN dapat menyisihkan sebagian laba bersihnya untuk keperluan pembinaan usaha kecil/koperasi serta pembinaan masyarakat sekitar BUMN.