Manfaat Keberadaan Objek Wisata Candi Prambanan Bagi Sekitarnya

Prambanan berasal dari kata para dan brahmana. Para yang berarti banyak dan brahmana yang berarti orang suci hindu jadi prambanan dapat di artikan sebagai prasasti-prasasti orang suci hindu. Candi prambanan adalah kelompok percandian hindu yang dibangun oleh raja-raja dinasti sanjaya pada abad IX tepatnya pada tahun 778 tahun saka.

Keberadaan Candi Prambanan memiliki banyak manfaat, terutama bagi dunia pendidikan dan juga bagi masyarakat sekitar. Bagi dunia pendidikan candi merupakan tempat kajian ilmu, baik ilmu sejarah maupun ilmu lainnya, seperti bahasa asing hingga kajian kepariwisataan.

Kalangan pelajar dapat menggali sejarah masa lampau dan mempelajari kehidupan di masa lalu. Dengan mengetahui sejarah berdirinya maupun pada masa kejayaannya maka para siswa atau pelajar akan sadar betapa besar peradaban bangsa kita dimasa lalu. Candi Prambanan adalah salah satu peninggalan sejarah dan budaya yang harus dilestarikan dan dijaga agar nilai-nilai bangsa ini tidak pudar. Kewajiban para generasi muda terpelajar dalam mengisi kemerdekaan adalah dengan melestarikan budaya dan tempat-tempat bersejarah yang berada bumi Indonesia ini.

Selain bagi dunia pendidikan, Candi Prambanan juga bermanfaat bagi kehidupan masyarakat sekitar, terutama dalam bidang perekonomian. Dengan adanya kawasan wisata Candi Prambanan, telah menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Misalnya, banyak masyarakat yang berjualan disekitar lingkungan candi, baik makanan maupun cenderamata. Candi juga memberikan keuntungan bagi pemerintah, karena dengan adanya wasitawan baik domestik maupun wisatawan asing akan memberikan devisa.

 

Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan