Fakta Menarik Candi Borobudur

Kapan Borobudur mulai dibangun, masih misteri. Sejarawan cuma menduga bahwa candi tersebut dibangun pada masa Dinasti Syailendra abad ke-8. Alasannya, jenis huruf pada kaki candi mirip dengan tulisan abad ke-8.

Pengen tahu fakta menarik lain dari Candi Borobudur. Mari, baca di sini.

Kapal layar
Abad ke-7, peradaban nusantara sudah sangat maju. Dari relief Borobudur yang menggambarkan kapal layar dua tiang dengan haluan dan buritan meruncing ke atas, kita tahu bahwa pada zaman itu teknologi kapal layar tiang tinggi sudah dipakai. Kalau kita menengok sejarah, nenek moyang kita emang terkenal sebagai pelaut ulung. Mereka mengarungi samudera sampai Madagaskar di Benua Afrika, termasuk ke Tiongkok, Birma, Sri Lanka, dan Australia.

Mirip teratai
Candi Borobudur kalau dilihat dari atas bentuknya mirip bunga teratai yang tumbuh di telaga. Ini klop dengan temuan para ahli geologi yang meneliti kawasan Candi Borobudur. Sebelum ada Borobudur, kawasan sekitar candi adalah telaga. Sampel endapan di sekitar kawasan tersebut banyak mengandung serbuk sari dari tanaman rawa seperti teratai, rumput air, dan paku-pakuan. Telaga tersebut tidak kelihatan akibat terus-menerus tertimbun oleh material vulkanik, sehingga jadi kering dan menjelma menjadi pelataran bagi Candi Borobudur saat ini.

Tiruan semesta
Candi Borobudur adalah tiruan dari semesta menurut kosmologi Buddha. Candi itu terbagi jadi tiga bagian, yakni Arupadathu – nirwana tempat Buddha bersemayam yang digambarkan dalam bentuk stupa polos tanpa relief, Rupadhatu – dunia orang suci yang berada di antara alam bawah (Kamadhatu) dan alam atas (Arupadhatu), dan Kamadhatu – dunia manusia biasa.

Ribuan stupa
Total, jumlah stupa yang dimiliki Candi Borobudur adalah 1.545 buah. Terdiri dari 73 stupa besar dan 1.472 stupa kecil. Stupa tersebut menjadi ciri khas bangunan peribadatan umat Buddha.

Ratusan relief
Ada 160 relief di Candi Borobudur yang menceritakan moral manusia. Relief-relief tersebut bercerita tentang moral manusia dan menggambarkan hukum sebab-akibat dari perbuatan seseorang.

Puluhan gerbang
Kemegahan dari mahakarya Candi Borobudur juga terletak pada 24 pintu gerbangnya yang dijaga oleh 32 arca singa.

Sumber: wego.co.id


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan