Yoga Festival Jadi Daya tarik Wisatawan Candi Prambanan

Duta Besar India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat berharap perayaan Hari Yoga Internasional atau International Day of Yoga (IDY) di Candi Prambanan, Minggu (23/6) pagi, bisa digelar rutin setiap tahun. Ia pun ingin peserta semakin banyak.

"Tahun ini dilakukan juga di Medan, Makassar, Surabaya, serta Yogyakarta. Harapannya, makin banyak yang partisipasi dan dirayakan di beragam kota," kata Pradeep saat ditemui setelah mengikuti yoga di ajang itu.

Pradeep menyebut, kegiatan ini manifestasi hubungan bilateral antara India dan Indonesia yang begitu kuat. "Kita punya hubungan emosi sejak dulu. Apalagi Indonesia memiliki cagar budaya Candi Prambanan sebagai peninggalan agama Hindu" katanya.

General Manager PT Taman Wisata Candi (TWC) Unit Prambanan Aryono Hendro Malyanto mengatakan, agenda yang digelar di lapangan Garuda TWC Prambanan ini adalah ajang di tahun ketiga.

"Jumlah peserta lebih dari seribu. Kenapa di sini? Karena latar belakangnya world heritage, di mana Hindu di dalamnya ada yoganya. Menurut rencananya setiap tahun akan kami gelar di sini," kata Aryono, Minggu (23/6).

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata, Nia Niscaya menambahkan, Candi Prambanan sudah menjadi ikon Yogyakarta. Adanya atraksi wisata seperti yoga bakal menambah nilai plus cagar budaya ini.

"Jadi sebenarnya ini menambah kekuatan atraksi di sebuah destinasi. Kita bisa lihat Candi Prambanan sambil ada kegiatan yang bermanfaat. Kita ada pengalaman sambil menikmati keindahan sebuah warisan budaya," tutur dia.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan