Temuan Benda Sejarah Mancanegara Di Ratu Boko

Rekam jejak Boko juga terdapat pada Prasasati Pereng tahun 856 Masehi. Prasasti ini menjelaskan tentang pendirian bangunan suci Candi Bhadraloka untuk Dewa Siwa. Kala itu, daerah Boko disebut sebagai Walaing. Dasarnya, dari prasasti Mantyasih pada masa Raja Balitung, yang menyebut sang penulis, yakni Pu Tarka berasal dari Walaing. Pada masa ini, ada temuan langgam Hindu berupa yoni, tiga candi kecil, dan tiga arca dewa, yakni Balarama, Durga, dan Ganesha.

Salah satu temuan menarik adalah prasasti emas. Benda ini ditemukan di salah satu penampungan air di kompleks Boko. Prasasati tersebut berbunyi, om rudra ya nama swaha. Kalimat ini merupakan pujian pada Dewa Rudra, nama lain dari Siwa.

Penggalian di area situs juga ditemukan aneka keramik dan porselen. Berdasarkan gaya, bahan, dan teknik pembuatan, artefak ini berasal dari luar Nusantara, antara lain dari Cina pada masa Dinasti Ming (14-17 M), Sung (11-13 M), dan Tang (8-9 M).

Dari penemuan ini, diasumsikan, perdagangan di Jawa dengan mancanegara sudah terjalin. Juga memperkuat dugaan bahwa kompleks Boko dihuni oleh penguasa atau golongan kerajaan, atau setidaknya kalangan yang mampu membeli barang impor masa itu.

Situs ini diperkirakan dihuni manusia sekitar 600-700 Masehi sampai 1400 Masehi. Namun fungsinya sebagai kompleks istana atau keraton,sebetulnya masih terdapat silang pendapat. Sebab bukti kongkret belum ditemukan. Istilah-istilah ruangan, seperti paseban, pendapa, dan keputren, yang merujuk pada nama tata bangunan keraton saat ini hanya berdasar sebutan masyarakat setempat.

Dugaan bahwa situs Boko sebagai keraton diperkuat oleh beberapa sastra kuno, antara lain Bharatayudha, Bhomakawya, Kresnayana, dan Ghatotkacasraya. Literatur menyebut bahwa susunan bangunan seperti kompleks Boko memenuhi ciri-ciri sebagai keraton. Ketika pakar dari Belanda FDK Bosch menerbitkan laporan risetnya pada 1915, berjudul Kraton van Ratoe Boko, situs ini semakin populer dianggap sebagai keraton atau kompleks istana.

 


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan