Tari Jelang Sunset Ratu Boko

PT TWC Unit Ratu Boko bersama BPCB Unit Ratu Boko dan bekerjasama dengan Sanka Heritage menggelar kembali Tari Jelang Sunset di pelataran gerbang utama Keraton Ratu Boko, Minggu (13/10/2019). Gelaran ini merupakan pertunjukan seni tradisional yang diangkat berdasarkan cerita yang tertera dalam Prasasti Wuatan Tija.

Lakon sendratari Dyah Bhumijaya menceritakan peristiwa intrik politik di masa kerajaan Medang yang menjadi penyebab peperangan. Sendratari Dyah Bhumijaya menceritakan peperangan yang diawali dengan penculikan Rakyat Manak (istri Kayuwangi) oleh adiknya Rakyan Landhayan yang kemudian dibunuh oleh prajurit Medang dan dijadikan candi di tengah hutan.

General Manager PT TWC Unit Ratu Boko Wiharjanto mengatakan bahwa sendratari Jelang Sunset merupakan agenda khusus yang dihadirkan untuk memikat dan menarik wisatawan. “Konsepnya tarian tradisional menjelang matahari terbenam. Kita adakan untuk memikat wisatawan sehingga kunjungannya ke Ratu Boko menjadi lebih berkesan.” Terangnya.

Sementara itu, koordinator Sanka Heritage, Nur Kesawa berharap gelaran Tari Jelang Sunset menjadi program tetap di Keraton Ratu Boko. “Kita akan berinovasi untuk Ratu Boko. Dengan banyaknya atraksi mungkin akan dapat meningkatkan pengunjung dan juga masyarakat lebih mengetahui cerita asli dari Ratu Boko,” katanya.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan