Talkshow Festival Garuda Radio TWC

Lambang Garuda Pancasila sebagai simbol negara Indonesia selama ini hanya diterima begitu saja oleh masyarakat. Banyak juga generasi muda yang belum paham atau tahu tentang sejarah serta makna simbol burung pemersatu bangsa Indonesia ini.

Hal inilah yang membuat PT Taman Wisata Candi Unit Prambanan tergelitik untuk mengadakan suatu festival yang mempopulerkan kembali makna Garuda bagi anak muda. Program yang bekerjasama dengan Heru Mataya serta pemilik Rumah Garuda, Nanang Rakhmat Hidayat atau akrab dipanggil Nanang Garuda.

"Kita berharap di Festival Garuda ini ada yang menggelitik bagi masyarakat umum. Dengan adanya festival ini, ketidaktahuan masyarakat akan terjawab disini." Terang General Manager PT TWC Unit Prambanan Aryono Hendro Malyanto dalam talkshow bareng Radio TWC, Kamis (6/2/2020).

Nanang Garuda sebagai salah satu penggagas festival ini mengatakan bahwa masyarakat sebenarnya masih sangat minim pengetahuan tentang lambang Garuda Pancasila ini. Terutama sejarah kapan diciptakan serta siapa saja yang menjadi penggagasnya.

"Bicara Pancasila kita biasanya terjebak pada dua hari, 1 Juni maupun Hari Kesaktian Pancasila. Kita punya perisitwa yg sangat luar biasa yang tidak pernah diperingati, yaitu tanggal 11 Februari, dimana lambang negara itu lahir atau diciptakan. Hal ini yang tidak pernah diajarkan di sekolah-sekolah," Ujarnya.

Sementara itu, Heru Mataya selaku penyelenggara acara menyusun beragam kegiatan seni budaya untuk mempopulerkan kembali makna Garuda di masyarakat. Beragam kesenian tradisi maupun kontemporer akan menghiasi gelaran yang diadakan 8-11 Februari 2020 ini.

"Akan ada pemutaran film dan juga bedah buku mencari telor Garuda. Kita ingin merayakan garudaisme-nya. Jadi anak-anak muda yang tidak paham kenapa burung Garuda bisa belajar di situ." Kata Show Director Festival Garuda Reyhanuddin Tanjung.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan