TWC Prambanan Lirik Tur Candi Prambanan-Kedulan-Sambisari

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) sebagai salah satu pengelola situs warisan budaya dunia terus melakukan inovasi serta meningkatkan atraksi yang ada. Hal ini menjadi kewajiban untuk menjawab segala kebutuhan dunia pariwisata yang terus berkembang.

Hal ini dilakukan oleh TWC dengan melakukan pengembangan program wisata, salah satunya adalah adanya paket wisata budaya. Paket wisata dilakukan dengan menggunakan kendaraan bermotor berupa mobil VW yang eksentrik. Selain itu, wisatawan juga bisa menjelajahi beberapa situs budaya dengan menggunakan sepeda kayuh.

"Sebetulnya konsepnya sudah lama, dari unit Prambanan. Kita teruskan untuk mendukung revenue perusahaan. Paket sebelumnya menyasar candi-candi di timur Prambanan. Sekarang kita buka bagi candi-candi yang ada di barat Prambanan. Kita buat dengan shuttle VW maupun dengan sepeda kayuh." Terang Senior Manager Pengembangan Bisnis TWC Esti Wijayanti.

Program pengembangan wisata ini dilalui dengan menelusuri beberapa candi yang ada di Sleman, Yogyakarta. Wisatawan akan berangkat dari kompleks Taman Wisata Candi Prambanan. Kemudian, dengan menelusuri jalan pedesaan, wisatawan diajak untuk menilik lokasi situs Candi Kedulan. Candi yang berada di Kalasan, Sleman ini, berjarak kurang lebih 3 kilometer dari Candi Prambanan.

Setelah sampai di Candi Kedulan, penjelajahan akan dilanjutkan menuju Candi Sambisari. Candi yang dibangun pada abad ke-9 di masa pemerintahan raja Rakai Garung pada zaman Kerajaan Mataram Kuno ini menjadi spot akhir penjelajahan wisatawan dalam paket wisata ini.

"Prosesnya sudah 80 persen berjalan. Kita tinggal menunggu persetujuan direksi. Semoga di pertengahan April, program ini kita luncurkan." Ujar Manager Pemasaran dan Pelayanan TWC Unit Prambanan Agus Setiawan.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan