Sinergi Pengelolaan Pariwisata & Pelestarian Candi Borobudur

Borobudur, 8 Maret 2017. CNN Indonesia melakukan kegiatan wawancara secara eksklusif dengan pengelola Candi Borobudur, dalam hal ini Dirut PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko dan Kepala Balai Konservasi Borobudur. Sesi wawancara berdurasi 1 jam yang dipandu oleh presenter handal Desi Anwar ini menggali mengenai bagaimana upaya pengelolaan dan pelestarian yang dilakukan untuk Candi Borobudur.

Pengelolaan pariwisata yang dilakukan oleh TWC sudah mulai berkembang ke kawasan, mengembangkan potensi desa sekitar Candi Borobudur menjadi daerah tujuan wisata selain Candi Borobudur. Salahsatunya melalui Balkondes dan Homestay yang dibangun di 20 desa di kecamatan Borobudur. Hal ini tentu saja menjadi salahsatu upaya pelestarian Candi Borobudur, karena wisatawan akan tersebar ke kawasan, tidak terjadi penumpukan diatas candi. Selain itu, keberadaan Balkondes dan Homestay mampu menggerakkan kegiatan ekonomi kreatif masyarakat sekitar Candi Borobudur dalam rangka mempersiapkan kawasan menyambut 2 juta kunjungan wisman di tahun 2019 mendatang.

Dalam kesempatan ini, tim CNN Indonesia juga melakukan peliputan di beberapa Balkondes untuk mempromosikan keberadaan Balkondes kepada public, dengan harapan Balkondes di kawasan Borobudur semakin dikenal oleh masyarakat luas.


Kategori Berita