Seni Kolaborasi Borobudur International Art and Performance Festival 2019

Borobudur International Art and Performance Festival Merupakan acara keberagaman seni dan budaya Indonesia yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan mengambil tema ‘Harmony in Diversity’. Acara yang berlangsung selama tiga hari berturut-turut pada tanggal 5 sampai 7 Juli 2019 tersebut digelar di Taman Lumbini Candi Borobudur.

Pembukaan acara pada hari Jum’at, 5 Juli dihadiri oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Jawa Tengah Dra. Peni Rahayu M.Si, Direktur Utama Otorita Borobudur Indah Juanita, General Manager PT. TWC Unit Borobudur I Gusti Ngurah Putu Sedana, Kementerian Pariwisata Indonesia Rowan Gunawan S.Sm, MM, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Jawa Tengah Sinung Nugroho Rachmadi.

Sinung Nugroho Rachmadi mengatakan tema tersebut dipilih supaya gelaran tahunan tersebut mengkampanyekan kebhinekaan yang dimiliki oleh Indonesia. Borobudur International Art and Performance Festival 2019 dimeriahkan oleh musisi tanah air yaitu grup band Virzha, KuaEtnika, serta penampilan seniman dari 35 Kota dan Kabupaten di Jawa Tengah.

Untuk berkolaborasi antar Negara pihak penyelenggara BIAPF tersebut menghadirkan seniman dari tiga negara Spanyol, Meksiko, dan Hungaria. selain kolaborasi antar Negara, sejumlah daerah juga turut meramaikan seperti Lampung, DKI Jakarta, Banten, Sulawesi Utara, Aceh, Kabupaten Blitar Jawa Timur, Dan Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan.

“Selain menjadi hiburan bagi Masyarakat, bagi saya seni dan budaya adalah sebuah alat pemersatu Indonesia, dikenal sebagai negara kepulauan yang terbesar di Dunia, memiliki potensi sumber daya alam dan budaya yang sangat beragam, lebih dari 17.000 pulau yang terbentang dari kawasan barat hingga kawasan timur Indonesia.” tutur Peni Rahayu dalam pembukaan BIAPF tersebut.

Acara Borobudur International Art and Performance Festival berlangsung sangat meriah, dan ditutup dengan lagu-lagu fenomenal dari grup band Virzha.

 

Liputan : arvi & deby


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan