Rombongan Lemhanas RI Wisata Budaya ke Candi Borobudur

Anggota rombongan dari Lembaga Pertahanan Nasional (LEMHANAS) Republik Indonesia berkunjung ke Taman Wisata Candi Borobudur, Selasa (14/1/2020). Rombongan lembaga yang berada di bawah Kementerian Pertahanan ini tiba pada pukul 08.27 WIB.

Rombongan dipimpin langsung oleh Kepala Deputi Direktorat Program dan Pengembangan Kajian (Ditprogbangjian) Brigjen TNI Arif Fadila. Rombongan menghabiskan waktu menikmati keindahan dan kemegahan bangunan Candi Borobudur. Rombongan juga sangat antusias dengan penjelasan pemandu wisata yang telah disediakan oleh Balai Konservasi Borobudur yang menjelaskan relief yang terpahat di dinding bangunan Candi.

Wisata Budaya ini merupakan salah satu agenda untuk para peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LX dan LXI Tahun Ajaran 2020 Lemhannas RI yang terdiri dari negara-negara sahabat yang memiliki kerjasama di bidang militer dengan pemerintah RI.

Peserta PPRKA LX dan LXI sangat antusias dengan keindahan alam di kawasan Borobudur yang masih hijau nan asri, dimana Candi Borobudur ini berada lembah yang di kelilingi beberapa gunung dan bukit yang menambah ke eksotisan Candi Borobudur.

Banyak peserta yang bertanya terkait dengan relief Candi Borobudur. Bangunan Candi Borobudur disusun sebelum ada teknologi yang canggih seperti saat ini untuk menaikan batu ke atas bangunan. Para tenaga dan masyarakat masa silam menyusun satu persatu balok batu yang ukurannya besar tersebut.

Rombongan kemudian melanjutkan mengunjungi Museum Karmawibangga di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur. Museum ini berisikan panel-panel batu candi. Ada juga koleksi foto pada saat Candi Borobudur pertama kali ditemukan dan dipugar untuk pertama kalinya.

Salah satu peserta rombongan tertarik dengan patung Buddha yang belum selesai, dimana menurut ahli patung, ditemukan berada di dalam stupa induk Candi Borobudur. Patung budha tersebut sering digunakan oleh umat Buddha untuk sembahyang, hingga saat ini.

Peserta PPRKA LX dan LXI kemudian melanjutkan perjalanan menuju Sekar Kedhaton untuk makan siang dan berganti pakaian untuk mengunjungi Akademi Militer yang berada di Magelang, Jawa Tengah. Mereka meninggalkan Candi Borobudur dengan kesan yang mendalam dan ingin kembali lagi berkunjung ke Candi Borobudur.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan