Roadshow Minat Baca dan Bedah Buku Roro Jonggrang di Museum Candi Prambanan

Tingkatkan Kegemaran Membaca dan Kemampuan Literasi, Dinas Perpustakaaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman selenggarakan Roadshow Minat Baca dan Bedah Buku Roro Jonggrang di Museum Candi Prambanan.

Dinas Perpustakaaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman melaksanakan kegiatan Roadshow Minat Baca dan Bedah Buku Roro Jonggrang di Museum Candi Prambanan hari ini Kamis 18 Mei 2017. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dari Dinas Perpustakaaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman untuk meningkatkan kegemaran membaca, meningkatkan kemampuan literasi yang pada akhirnya diharapkan dapat menjadi budaya mengingat sangat tepat rasanya bahwa Kabupaten Sleman sebagai salah satu pendukung keistimewaan, sebagai salah satu pendukung kota pelajar, selayaknyalah kemampuan literasi ada dalam tingkat memadai.


Kepala Dinas Perpustakaaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, Ir. A.A. Ayu Laksmidewi Tri Astika Putri, M.M mengatakan kegiatan Roadshow minat baca ini dihadiri kurang lebih 200 peserta yang terdiri dari berbagai unsur, diantaranya juara lomba yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu yaitu lomba membaca, lomba mendongeng, lomba geguritan dan banyak lagi yang lain, budayawan, pustakawan, perguruan tinggi, perwakilan perpustakaan sekolah, komunitas dan masyarakat, peminat literasi dan penggiat leiterasi di Sleman dan DIY. Ayu Lasmidewi juga mengucapkan terima kasih kepada PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko khususnya Unit Prambanan terkait dengan terselenggaranya acara ini.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan semangat, sumbangsih untuk bisa mengingatkan memotivasi kita semua bahwa kegiatan membaca yang merupakan pendukung kegiatan literasi merupakan kegiatan yang penting yang harus dimulai dari tingkat keluarga, lingkungan dan akhirnya menjadi sebuah budaya yang kedepan dapat memberikan bekal kepada generasi kedepan untuk dapat menghadapi tantangan kehidupan kehidupan yang semakin berat. “ kata Ayu Laksmidewi.

Sementara itu Kepala Perpustakaan Nasional RI Drs Muhammad Syarif Bando MM dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan Roadshow Minat Baca yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sleman ini.

“ Kegiatan Roadshow pembudayaan kegemaran membaca yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Sleman ini merupakan suatu apresiasi yang luar biasa, karena terus terang kami sampaikan kami keliling Indonesia tahun ini sekitar 70 titik dan kami tahu ini adalah APBD. Pembudayaan kegemaran membaca menjadi tanggung jawab perpustakaan. Di hari – hari mendatang perpustakaan akan semakin memainkan perannya untuk mengedukasi masyarakat dalam memastikan mengetahui seluruh potensi sumber daya yang ada dan itulah menjadi tugas kita. Tugas perpustakaan adalah menyebarkan sebanyak mungkin buku – buku ilmu terapan agar masyarakat mendapatkan pengetahuan baru, keterampilan baru dan imajinasi baru .” katanya.

 


Kategori Berita
Sub Kategori Kegiatan