Ribuan Umat Muslim Ikuti Salat Ied Di Lapangan Rakai Pikatan

Ribuan umat muslim dari wilayah Kalasan dan juga Prambanan memadati area lapangan Rakai Pikatan, Kalasan, Sleman untuk mengikuti kegiatan salat Idul Adha 1440 H, Minggu (11/8/2019). Kegiatan tersebut diadakan oleh Takmir Koordinasi masjid Tamanmartani bekerjasama dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero).

Kegiatan itu diisi oleh imam dan penceramah oleh Drs Asep Syaifudin M.Si. Dalam isiannya, Asep menyampaikan untuk menjaga persaudaraan terhadap umat muslim secara khusus dan juga pada sesama manusia umumnya.

"Hari Raya Haji merupakan pengamalan asas spiritual dan asas kemanusiaan. Intinya adalah, menjaga keharmonisan hubungan kemanusiaan dan keseimbangan alam. Hal ini seharusnya dapat kita terapkan dalam bertetangga, dan bernegara. Dapat kita luaskan lagi, persaudaraan antar manusia tanpa membedakan sara. Inilah kandungan universal islam."

Dirinya juga mengajak umat muslim untuk belajar ikhlas dalam melakukan segala hal. Tak terkecuali saat berkurban.

"Pelajaran yang bisa kita tarik di Idul Adha ini adalah Kurban. Kurban diukur dari keikhlasan kita bukan dari jumlahnya. Jika kita berkurban mari niatkan dan ikhlaskan. Agar apa yang kita kurbankan dapat diridhoi Allah."

Kegiatan itu diikuti oleh ribuan umat muslim. Total ada 810 jamaah putra dan 970 jamaah putri. Selain itu, secara keseluruhan di Tamanmartani terdapat 143 sapi dan 160 kambing.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan