Ribuan Peserta Ikuti International Day of Yoga di Candi Prambanan

Ribuan orang memenuhi Lapangan Garuda, Kompleks Taman Wisata Candi Prambanan untuk mengikuti International Day of Yoga (IDY), Minggu (23/6/2019). Kegiatan yang diinisiasi oleh Kedubes India, Kementerian Pariwisata serta PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) ini diharapkan akan meningkatkan kunjungan wistawan mancanegara.

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar Nia Niscaya, Hari Yoga mempunyai nilai penting. Khususnya dalam meningkatkan hubungan antara Indonesia dan India. Sebab, kedua negara ini memiliki kesamaan dalam mengembangkan budaya olahtubuh yoga.

Dijelaskan Nia, yoga menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan mancanegara (wisman), khususnya dari India untuk datang ke Indonesia. Khususnya, ke Candi Prambanan-Yogyakarta dan Bali. Sebab, kedua destinasi tersebut sangat favorit untuk festival yoga.

Sementara Duta Besar Republik India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat, mengatakan kegiatan ini akan mempererat hubungan Indonesia dan India.

“Penyelenggaraan 5th International Day of Yoga tahun ini, mempunyai arti sangat penting dalam meningkatkan hubungan India-Indonesia. Tahun ini hubungan diplomatik India-Indonesia memasuki tahun ke-70. Sementara kegiatan Yoga, selain meningkatkan kesehatan tubuh dan pikiran, juga mendukung kegiatan pariwisata,” ujar Pradeep Kumar.

Menurut Pradeep, Candi Prambanan merupakan situs warisan dunia yang dapat menyatukan nilai dan rasa antara Indonesia dan India. "Kami adakan IDY di Candi Prambanan, karena selain candi yang indah, Prambanan juga memiliki satu nilai dan corak yang sama, sehingga dapat menyatukan antara India dan Indonesia." Terangnya.

GM PT TWC Unit Candi Prambanan Aryono Hendro Malyanto mengatakan bahwa kegiatan sport turism ini memang sedang tumbuh dan Candi Prambanan merupakan salah satu spot favorit untuk dijadikan lokasi acara.

"Kita dukung kegiatan sport turism yang terus tumbuh ini untuk mendatangkan wisatawan, terutama wisatawan mancanegara." terangnya.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan