Ratu Boko Kembali Gelar Tari Jelang Sunset

Dalam rangka ikut melestarikan kesenian tradisional di seputaran Kraton Ratu Boko, PT TWC Unit Ratu Boko bekerja sama dengan BPCB DIY akan menggelar pertunjukkan Tari Jelang Sunset di Alun-Alun Kraton Ratu Boko. Program berkala ini menampilkan tari kesenian daerah yang pastinya menarik bagi wisatawan.

Beberapa tari tradisional akan ditampilkan dalam pertunjukan ini. Beberapa diataranya adalah Tari Bundengan Wonosobo dan Tari Dyah Bhumijaya.

Budengan merupakan semacam alat musik alat musik yang cukup tua dikenal, yaitu sejak abad ke 12 berdasarkan tulisan pada kitab Wreta Sancaya. Bundengan menjadi alat musik yang canggih karena saat dimainkan akan terdengar alunan nada seperangkat alat gamelan.

Ragam bunyi yang dihasilkan bisa menyerupai suara kendang, suara ciblon, suara bem serta perangkat gamelan lain. Diduga pembuat Bundengan terinsipirasi oleh gaung gamelan yang memang pada saat itu lebih banyak dimainkan di kerajaan atau di rumah – rumah bangsawan. Ditengarai pada tahun 1968, alat musik ini mulai digunakan untuk mengiringi tari Kuda Kepang dan Lengger dengan membawakan lagu–lagu pengiring seperti Kebo Giro, Gones, Sumiyar, Kinayakan, Bribil ataupun Cuthang.

Sementara Tari Dyah Bhumijaya menceritakan peristiwa intrik politik di masa kerajaan Medang yang menjadi penyebab peperangan. Lakon yang diambil dari kisah nyata berdasar catatan prasasti Watan Tija yang bertahun 802 Saka (880 Masehi) tersebut, menceritakan peperangan yang diawali dengan penculikan Rakyat Manak (istri Kayuwangi) oleh adiknya Rakyan Landhayan yang kemudian dibunuh oleh prajurit Medang dan dijadikan candi di tengah hutan.

Situs Ratu Boko memiliki keunikan tersendiri. Pengunjung dapat menikmati suasana matahari tenggelam (sunset) dengan indahnya. Terlebih dipadukan dengan mahakarya adiluhung bangunan candi Abad ke 8-9 Masehi tersebut dan juga pertunjukan tari tradisional yang elegan.

Mari Saksikan pertunjukan seni Bundengan pada hari Sabtu, 13 Juli 2019 dan juga Tari Dyah Bhumijaya pada minggu, 14 Juli 2019 pukul 16.00 WIB di Alun-Alun Kraton Ratu Boko!!


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan