Program Bina Lingkungan dan Pelatihan Batik Bambu di Balkondes Kebonsari

  1. Taman Wisata Candi Serahkan Bantuan Program Bina Lingkungan dan Pelatihan Batik Bambu di Balkondes Kebonsari Borobudur
  2. Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko menyelenggarakan Penyerahan Bantuan Program Bina Lingkungan dan Pelatihan Batik Bambu di Balkondes Kebonsari Borobudur hari ini Selasa 11 April 2017. Acara ini dibuka oleh Direktur Administrasi SDM dan Investasi PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko Purwanto.

Dalam sambutannya Purwanto mengatakan penyerahan bantuan yang dilakukan ini adalah dalam rangka penyelenggaraan program bina lingkungan PT. TWC tahun 2017. Diharapkan apa yang dilakukan akan memberikan manfaat kepada penerima bantuan dan diharapkan lingkungan PT TWC yang diantaranya ada di Kecamatan Borobudur ini pelan - pelan akan terus tumbuh berkembang sebagaimana lokasi tempat terselenggaranya acara ini adalah salah satu model yang sedang dikembangkan ke depan, yaitu mendorong adanya pengembangan perekonomian di desa dengan dimulainya pembangunan balkondes dan nanti akan dilanjutkan dengan pembangunan homestay – homestay. Tentunya nanti akan diperlukan pengisi kegiatan dan atraksi – atraksi yang dibutuhkan.

“ Dalam hal ini apakah bantuan ini dikaitkan dalam pengembangan kawasan wisata ini untuk kepentingan – kepentingan lain demi pembangunan dilingkungan masing – masing tentulah ini menjadi harapan kita semua yang pada akhirnya upaya – upaya yang dilakukan oleh pemerintah baik pemerintah pusat, pemerintah daerah sampai dengan pemerintah desa dengan tentunya kami terlibat didalamnya selaku BUMN ini akan mendorong secara berkelanjutan adanya pertumbuhan kehidupan perekonomian dimasyarakat yang semakin hari semakin baik. Harapan – harapan itulah yang tentunya bagi kita semua mudah – mudahan dapat terlaksana dengan baik “ kata Purwanto.

Purwanto juga menambhakan : “ Kami sangat berkepentingan untuk hal ini karena kami BUMN salah satu tugasnya adalah mengembangkan pembangunan. Dan mudah – mudahan integrasi atau interaksi dari kita semua akan membuahkan hasil dimasa yang akan datang sebagaimana yang diharapkan oleh program – program saat ini dimana salah satunya adalah bagaimana mendorong kawasan Borobudur ini menjadi Bali ke 2 nantinya. Sebagaimana di ketahui Negara kita tercinta ini sedang mengmbangkan 10 destinasi wisata untuk menjadi Bali Baru di beberapa titik yang diantaranya adalah Borobudur yang sekarang sedang di prioritaskan ,Mandalika dan Danau Toba. Dan target – target sudah dipasang dalam rangka untuk mendukung kunjungan wisatawan mancanegara di kawasan khususnya di Jawa Tengah dan DIY ini Borobudur sebagai pusatnya adalah 2 juta pengunjung wisatawan asing di tahun 2019. Hal – hal inilah yang harus kita siapkan semua baik BUMN, pemda dan juga masyarakat harus berkoordinasi, berintegrasi bagaimana mengembangkannya “.


Purwanto mengucapkan terima kasih kepada kepala desa – kepala desa yang dengan aktif bersama –sama dengan PT. TWC untuk mendorong pengembangan kawasanLangkah – langkah yang ditempuh diantaranya melalui PKBL . PKBL ini adalah bagaimana mendorong lingkungan untuk menjadi tumbuh dan berkembang sementara dari PK-nya tentu mendorong adanya UKM – UKM baru yang bisa tumbuh mengembangkan dunia usaha baru dari waktu ke waktu diharapkan terus bertambah sehingga menciptakan lapangan kerja baru di lingkungan masing – masing. Oleh karenanya apa yang dilakukan diharapkan bisa diterima oleh masyarakat dan masyarakat bisa memanfaatkan dengan sebaik – baiknya sehingga semuanya bisa menjadi bagian dalam pembangunan pengembangan kawasan wisata di Borobudur melalui berbagai lini baik PKBL, pembangunan Balkondes atau penyiapan hal – hal yang lainnya.

Adapun bantuan yang di serahkan berupa :

Sektor Sarana Ibadah “bersama Taman Wisata Kita Tingkatkan Iman & Taqwa” berupa keramik sejumlah 300 dus kepada Masjid Jami’ Al-Huda Barepan Wanurejo Borobudur senilai Rp. 18.000.000,-. Material bahan bangunan berupa usuk kalimantan kepada masjid Al Muttaqin jowahan Wanurejo Borobudur senilai Rp. 10.000.000,-.

Material bangunan, batu kali, semen , batu bata dan keramik kepada Masjid AL- Hidayah Butuh Majeksingi Borobudur senilai Rp. 9.860.000,- dan material bangunan batu bata pasir batu belah kepada Mushola Al-Mustaqin Bigaran Borobudur senilai 10.010.000,-. Sektor Pengentasan Kemiskinan berupa rumah tinggal layak huni kepada mbah urip Tuksongo Borobudur senilai Rp. 45.000.000,- sertasektor Pendidikan berupa material pembangunan sarpras sanitasi kepada SD N Giritengah II senilai Rp. 10.000.000,-.

 


Kategori Berita
Sub Kategori Kegiatan