Progam Srawung Radio TWC Hadirkan Komunitas Sedekah Baju Yogyakarta

Program Srawung Radio Taman Wisata Candi Kembali hadir ke Sahabat wisata, Sabtu (08/02/2020). Minggu ini program Srawung menghadirkan Komunitas Sedekah Baju Yogyakarta.

Program yang dipandu oleh Vara Chandra ini menghadirkan Azka sebagai ketua sekaligus founder dan Syifa sebagai kandidat anggota tetap perwakilan dari Komunitas Sedekah Baju Yogyakarta.

Komunitas ini berdiri sejak tahun 2017. Pada saat itu, Azka berkeinginan untuk melakukan sesuatu hal yang lebih baik. "Pada saat itu melihat banyak orang yang bajunya kucel, bolong, sobek dan lain sebagainya. Hati saya terasa trenyuh".Terang Azka.

Gerakannya sendiri dimulai pada bulan november 2017. Organisasi ini sempat vakum di bulan Januari sampai pertengahan tahun 2018 dan kembali aktif pada pertengahan 2018 hingga saat ini.

Untuk kegiatannya sendiri terdiri dari banyak agenda, salah satunya adalah volunteering dan bekerja bersama mahasiswa. Ada juga kegiatan bulanan tim Sedekah Baju mengunjungi kampung masyarakat di Yogyakarta.

Bagi Anda yang mau mengikuti kegiatan volunteering, program volunteering ini dibuka hampir tiap bulan. Karena setiap aksi, tim membutuhkan kurang lebih 10 sampai 15 orang.

"Pengalaman pertama yang paling berkesan yaitu memberikan baju ke orang yang membutuhkan. Kunjungan ke kampung pemulung membawa beberapa dus pakaian dalam juga terus teringat momennya." Terang Azka.

Beragam kendala selalu menyertai komunitas ini, seperti rumah tempat menyimpan baju yang terkadang penuh. Kedua ketika teman-teman menurun semangatnya.

Untuk agenda terdekat komunitas ini yaitu momen Tukar Baju di bulan Februari dan Maret yang berlokasi di area dekat kampus UGM. Selain itu, ada juga open recruitment anggota baru di bulan Maret ini.

Harapan ke depan Azka, komunitas Sedekah Baju yang ada di seluruh Indonesia terus maju. “Semoga masyarakat tidak hanya melihat ke atas, tapi juga harus melihat ke bawah, pada masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Bagi Anda Yang Ingin Mengetahui Lebih Lanjut Tentang Komunitas Sedekah Baju Yogyakarta Bisa Cek Akun Sosial Media @sedekahbaju.yk di instagram.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan