Progam Srawung Radio TWC Hadirkan Komunitas Jembatan Edukasi Siluk

Program Srawung Radio Taman Wisata Candi Kembali hadir ke pendengar Setia Sahabat wisata, Sabtu (25/01/2020) Kali ini, program mingguan ini selalu diisi oleh narasumber yang berbeda setiap minggunya. Minggu ini program srawung menghadirkan Komunitas Jembatan Edukasi Siluk sebagai narasumbernya.

Program yang di Pandu oleh Vara Chandra ini menghadirkan Kuat dan Yana sebagai perwakilan dari Komunitas Jembatan Edukasi Siluk.

Komunitas yang berdiri pada 2016 ini digagas untuk pertama kalinya oleh Kuat. Menurut Kuat awalnya adalah hanya mengajak warga untuk gemar membaca dan peduli dengan lingkungan. Namun karena hasil dari peduli lingkungan dengan pengumpulan sampah pada saat awal mencapai Rp. 15.000.000,- sehingga terlintaslah keinginan untuk memanfaatkan hasil tersebut dalam hal edukasi bagi masyarakat.

Edukasi di masyarakat terbentuk dalam adanya taman baca, dan kegiatan-kegiatan mingguan lainnya, seperti senam, melukis, dan bekerjasama dengan komunitas lain dalam berbagi pengetahuan.
Selain itu juga, komunitas ini melebarkan pendapatan dengan membuka bisnis "Kedai Sinau" yang menjual aneka minuman dan makanan. Berlokasi di samping sungai membuat "Kedai Sinau" banyak didatangi oleh masyarakat. Tidak sekedar nongkrong, di kedai ini warga juga dapat sambil membaca buku yang disediakan di tempat tersebut.
"Menumbuhkan minat baca dan belajar di masyarakat itu susah mba, harus kreatif. Makanya banyak bikin kegiatan seperti senam, melukis, dan ada Kedai Sinau, biar masyarakat mau membaca" terang Kuat.

Untuk kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh komunitas ini tidak dipungut biaya, syaratnya hanya membawa minimal 3 botol plastik untuk dapat mengikuti kegiatan senam, melukis, dan lain-lain.

Untuk informasi mengenai Komunitas Jembatan Edukasi Siluk tentunya dapat dipantau melalui akun Instagramnya di @jembatanedukasisiluk.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan