Prambanan Jazz Festival dan Segudang Apresiasi Dari Masyarakat

Prambanan Jazz Festival, merupakan pesta perayaan musik berskala internasional yang pertama kali digelar pada tahun 2015 lalu. Sejak pertama kali dihelat, ada satu mimpi besar yang tak pernah pupus dalam festival ini, yakni sebuah proses kolaborasi mahakarya Candi Prambanan sebagai World Heritage dan mahakarya musik yang dimiliki oleh para musisi legendaris dunia disuguhkan dalam satu waktu. Dan hal itu tentunya masih tetap terjadi, hingga tak terasa gelaran yang sempat memboyong Kenny G, Rick Price, Sarah Brightman, Boyz ll Men, Boyzone, Diana Krall dan lainnya ini sudah memasuki usianya yang kelima.

Prambanan Jazz Festival 2019 akan dilaksanakan pada tanggal 5,6,7 Juli 2019 di Komplek Candi Prambanan. Dalam penyelenggaraan pada tahun ini. Rajawali Indonesia dan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (TWC) sebagai promotor kembali memboyong sederet nama besar tanah air maupun dunia untuk sama-sama mewujudkan proses kolaborasi yang agung tersebut.

Beberapa nama besar tersebut di antaranya adalah Yanni, Brian McKnight 4, Anggun, Calum Scott dan masih banyak lagi. Bahkan, Yanni sempat mengungkapkan bahwa dirinya sangat bahagia bisa melangsungkan tur konser “25th Anniversary Acropolis” nya di Candi Prambanan, dan dapat berjumpa dengan para penggemarnya di hari kedua penyelenggaraan Prambanan jazz Festival 2019, Sabtu (6/7/2019) di Rorojonggrang Stage (Special Show).

Direktur Keuangan, SDM & Investasi PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko ( Persero ) Palwoto mengatakan ada 3 hal yang membuat TWC menjadi promotor acara.

" Kita kali ini tidak hanya sebagai venue event saja, tetapi kali ini kita secara aktif ikut sebagai promotor. Kerjasama dengan Rajawali tidak kali ini saja tetapi sejak beberapa tahun yang lalu. Tapi sebagai promotor dimulai sejak tahun lalu, kita membuat Borobudur Symphony Mariah Carey Live Concert pada tahun 2018. Jadi kalau saya bicara bagaimana koq kita sekarang mau jadi promotor, dalam beberapa konteks kita ingin terlibat secara lebih mendalam karena ada 3 hal. Yang pertama kita bicara mengenai preservasi. Preservasi itu artinya karena PT Taman Wisata Candi ini adalah BUMN yang mengelola destinasi pariwisata Candiyang merupakan World Heritage. Jadi merupakan Warisan Dunia yang diakui oleh Unesco. Kewajiban kita semua kenapa event ini ada adalah kita menginginkan bahwa Warisan Budaya kita itu benar – benar dilakukan proses pelestarian. Event ini ditujukan kepada seluruh masyarakat untuk lebih mencintai heritage. Yang kedua adalah ini merupakan proses mendukung program – program pemerintah terkait dengan tourism. Kita tahu bahwa pemerintah menjadikan pariwisata menjadi salah satu sector strategis perekonomian untuk dikembangkan karena memberikan dampak yang sangat besar terhadap para pelaku ekonomi. Yang ketiga adalah karena kami dari Kementerian BUMN maka dalam kesempatan ini kami mengajak terutama dari teman – teman BUMN dan swasta juga terlibat. " terang Palwoto.

CEO Rajawali Indonesia, Anas Syahrul Alimi memaparkan, pihaknya sangat bersyukur bisa menyaksikan mimpi besar yang terdapat di dalam Prambanan Jazz bisa terus terwujud dalam setiap tahunnya, hingga di mana festival ini bisa menginjak jilid kelima. Dengan berbagai dinamika yang pernah dihadapi, semakin hari festival musik yang digagas oleh dirinya tersebut terus mendapatkan dukungan yang sangat positif dari berbagai kalangan dan usia. Bahkan, saat ini Prambanan ]azz sudah menjadi salah satu gelaran musik yang selalu ditunggu-tunggu kehadirannya di tengah masyarakat tanah air.

“Alhamdulillah Prambanan Jazz Festival #5 2019 bisa kami selenggarakan mulai hari lumat tgl 5 luli 2019 hingga hari Minggu tgl 7 Juli 2019. Beberapa fakta yang kami temukan dalam setiap tahunnya adalah Prambanan Jazz telah menjadi salah satu festival musik yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat… Hal itu bisa kami saksikan dari berbagai komentar yang kami dapatkan di media sosial, yang kami dapatkan secara langsung dan masih banyak lagi. Kami sangat bersyukur Prambanan lazz bisa mendapatkan apresiasi sebesar ini dari masyarakat,” pungkas Anas.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan