Peserta Kemah Budaya Pramuka Jelajah Candi Prambanan

Peserta Kemah Budaya Pramuka se-Jawa tahun 2019 (KBPJ 2019) berkunjung ke kompleks Candi Prambanan, Sabtu (13/7/2019). Kunjungan itu termaksud dalam rangkaian acara bertajuk Jelajah Candi.

Sekitar pukul 09.00 WIB, peserta KPJ 2019 telah berada di kompleks Candi Prambanan dari sisi utara. Rombongan itu, kemudian menuju Monumen gempa Mei 2006 yang memporak-porandakan kompleks Candi Prambanan.

Mereka diceritakan tentang bagaimana kondisi setelah gempa bumi yang menerjang Yogyakarta sampai Klaten ini dan bagaimana proses pemugaran pasca bencana berlangsung. Setelah itu mereka berkunjung ke Candi Siwa yang menjadi pusat dari Candi Prambanan ini.

Di Candi Siwa ini, peserta satu per satu memasuki ruangan yang berada di Candi induk ini. Di mulai dari ruang arca Siwa, Ganesha, Agastya dan Durga.

Sebagaian peserta masih ada yang menyangka bahwa akan melihat arca Roro Jonggrang, seperti yang dikisahkan oleh legenda Candi Prambanan. Namun, dari penjelasan yang diberikan, bahwa hanya ada satu arca yang berjenis Perempuan, yaitu Durga, yang bisa diasosiasikan dengan cerita Roro Jonggrang.

Salah satu peserta KBPJ 2019, Radit mengaku mendapat banyak pembelajaran dari kunjungannya ke Candi Prambanan. "Disini kita belajar makna toleransi yang telah menjadi nilai luhur bersama masyarakat jaman dahulu." Terang pemuda asal Jawa Barat ini.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan