Penutupan Lantai 9 dan 10 Candi Borobudur

KOMPAS.COM | 

Balai Konservasi Borobudur (BKB) akan memberlakukan pembatasan kunjungan Candi Borobudur Magelang hanya sampai lantai 8. Sedangkan lantai 9 dan 10 (puncak) ditutup untuk kunjungan umum, wisatawan paket sunrise maupun sunset. Peraturan ini berlaku mulai Kamis, 13 Februari 2020.

Pembatasan ini diberlakukan dengan alasan pelestarian cagar budaya dunia berusia ribuan tahun. "Pengunjung masih bisa melihat dan menikmati puncak stupa dari lantai 8," ujar Kepala Seksi Konservasi BKB Yudi Suhartono, dalam keterangan tertulis resmi, Rabu (12/2/2020).

Pembatasan kunjungan pada struktur Candi Borobudur lantai 9 dan 10 dilakukan dalam rangka melakukan kegiatan monitoring struktur stupa teras dan stupa induk Candi Borobudur yang dilakukan oleh pihak balai Konservasi Borobudur.

Adapun kegiatan monitoring meliputi monitoring keterawatan batu, kestabilan struktur, dampak kunjungan, dan lajur kerusakan nat batu struktur stupa induk. Ini sekaligus sebagai upaya untuk mengampanyekan peduli pelestarian Borobudur. Aturan ini berlaku hingga batas yang belum ditentukan.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan