PKBL TWC Ajak Santri Rumah Yatim Daarul Aitam Berwisata di Kawasan Prambanan

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) sebagai divisi yang mengawal program-program sosial ekonomi dan kemitraan mengajak anak-anak dari Rumah Yatim Daarul Aitam, Tegal, Jawa Tengah, untuk berwisata di kawasan Candi Prambanan, mulai tanggal 28 sampai 29 Juni 2019. Kegiatan ini sebagai salah satu program kepedulian terhadap keinginan para santri binaan untuk dapat berwisata ke Candi Prambanan.

Hal ini dikemukakan oleh pembina Rumah Yatim Daarul Aitam Hadi Sutjipto. Menurutnya, banyak santri yang belum pernah berkunjung ke Candi Prambanan. Mereka selama ini hanya mengetahui dan menyaksikan kemegahan candi bercorak Hindu ini lewat tayangan televisi. Disamping itu, karena kondisi serta keterbatasan ekonomi, memaksa para santri untuk mengurungkan keinginan berwisata ke Candi Prambanan.

PKBL PT TWC pun menjembatani keinginan para santri itu. Melalui program Bina Lingkungan sektor sosial kemasyarakatan, para santri Rumah Yatim Daarul Aitam ini mengenal peninggalan sejarah dan cagar budaya Candi Prambanan.

Para santri diajak menyaksikan keindahan serta kemegahan Candi Prambanan. Dengan dipandu oleh pra muwisata yang berpengalaman, para santri ditunjukkan relief-relief yang ada di Candi Prambanan,seperti relief Ramayana dengan kisah cerita yang melegenda.

Selanjutnya para santri diajak menuju kawasan Candi Sewu untuk belajar eskavasi dan pemugaran. Mereka diajarkan cara memugar dan cara perawatan batuan Candi.

Setelah itu, mereka diajak untuk menyaksikan pertunjukan dramatari Roro Jonggrang. Pertunjukan yang berkisah tentang mitos dibalik pembuatan Candi Prambanan ini mempesona para santri yang hadir. Perjalanan diakhiri dengan berkunjung ke kawasan Kraton Ratu Boko.

Rumah Yatim Non Panti Daarul Aitam merupakan rumah yatim yang berada di keluarahan Randugunting, Tegal, Jawa Tengah. Rumah Yatim yang memiliki jumlah santri 32 orang ini didirikan pada tahun 2008 dengan santri yang berasal dari satu kelurahan di kawasan Randugunting, Tegal, Jawa Tengah.

 

Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan