Nikmati Kemegahan Peninggalan Masa Lalu di Keraton Ratu Boko

Kraton Ratu Boko Yogyakarta adalah sebuah situs purbakala yang terletak di dua pedukuhan, Dukuh Dawung di Desa Bokoharjo, dan Dukuh Sumberwatu di Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman. Letaknya sekitar 3 km dari Candi Prambanan.

Situs purbakala ini berupa kompleks sisa bangunan istana atau keraton yang menempati lahan seluas 25 hektar di atas bukit. Meskipun menyerupai istana, tetapi fungsi utama dari reruntuhan bangunan ini belum diketahui secara pasti.

Pembangunan keraton ini juga dinilai sangat berbeda dengan pembangunan keraton di masa Jawa Kuno pada umumnya yang lebih memilih tempat rendah. Keraton Ratu Boko dibangun di atas bukit yang relatif tinggi. Hal ini membuat para ahli sempat merasa kebingungan, bagaimana caranya para pekerja membangun sebuah sebuah keraton dengan bahan batu andhesit di atas bukit yang tinggi.

Tentunya, keraton di atas bukit ini memiliki keistimewaan tersendiri pada masanya. Posisinya yang tinggi membuat musuh kesulitan ketika menyerang, dan tentu menghadirkan udara yang sejuk bagi para penghuni keraton dan penduduk di sekitarnya.

Untuk mengabadikan keindahan dan kemegahan Keraton Ratu Boko tersebut, Anda diperkenankan membawa kamera saat berkunjung. Carilah spot-spot terbaik untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal. Jangan lupa juga untuk ber-selfie ria dengan latar bangunan-bangunan keraton yang megah.

Sebagai situs purbakala, Kraton Ratu Boko tentunya wajib kita jaga. Jangan sampai keindahan yang ada dirusak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Nikmatilah keindahan dan kemegahan masa lampau yang disajikan lewat reruntuhan bangunan yang ada. Dengan begitu, Anda akan menyadari betapa berharganya sebuah situs warisan dunia.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan