Menjelajah Destinasi Karimunjawa Yang Mempesona

Pariwisata Indonesia masih menjadi primadona. Hal ini dibuktikan dengan kontribusinya bagi pendapatan negara yang terus meningkat. Hal ini harus dibarengi dengan peningkatan kualitas destinasi dalam menampung wisatawan.

Salah satu destinasi yang terus berbenah untuk meningkatkan impresi positif terhadap wisawatan yang berkunjung tersebut adalah kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah.

Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan ini memiliki luas daratan + 1.500 hektare dan perairan +110.000 hektare.

Pulau Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara. Banyak pulau-pulau kecil serta gugusan terumbu karang yang masih terjaga keasriannya.

Beberapa pulau kecil di kepulauan Karimunjawa dapat dijelajahi oleh wisatawan, seperti Pulau Nyamuk, Pulau Kecil, Pulay Gosong, dan Pulau Parang. Tempat-tempat tersebut memberikan suguhan keindahan yang berbeda dari destinasi wisata lainnya.

Terdapat 242 jenis ikan hias, serta 133 genera fauna akuatik yang terdapat di pulau ini. Beberapa fauna langka yang memiliki habitat di sini adalah elang laut dada putih, penyu sisik, dan penyu hijau

Kepulauan Karimunjawa terdiri atas 27 pulau dengan pasir dan terumbu karang bawah laut yang masih terjaga. Destinasi wisata bahari yang memiliki penangkaran hiu itu sudah dimasukkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) bersama Borobudur, Dieng, dan Sangiran oleh Kementerian Pariwisata.

Pulau Karimunjawa dimasukkan sebagai obyek wisata khusus karena wisatawan asing maupun lokal yang berkunjung ke sana memiliki hobi atau kepuasan khusus. Beberapa hobi itu, misalnya snorkeling, diving, atau berjemur di pantai yang membutuhkan waktu lama.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan