Menhub Lakukan Penijauan Kelayakan Angkutan Bus di Parkir Candi Borobudur

Menhub Lakukan Penijauan Kelayakan Angkutan Bus di Parkir Candi Borobudur

 

Dalam rangka libur Sekolah, Natal dan Tahun Baru 2019 ini banyak digunakan oleh masyarakat untuk mengisi waktu libur panjang dengan mengunjungi obyek - obyek wisata. Salah satunya adalah Taman Wisata Candi Borobudur.

 

Kamis 27 Desember 2018, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan langsung ke lapangan, dalam hal ini parkir yang telah disediakan oleh PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko yang berada di Candi Borobudur.

 

Rombongan datang menggunakan helikopter yang turun di lapangan sepak bola Tuksongo. Peninjauan tersebut didampingi langsung oleh Direktur Pemasaran dan Pelayanan Hetty Herawati, Direktur Tehnik dan Infrastruktur Mardijono Nugroho, Sekretaris Perusahaan Achmad Muchlis, Senior Manager Keamanan Putro Luleno Serta General Manager Unit Borobudur I Gusti Putu Ngurah Sedana.

 

" Dengan dilakukannya pembangunan jalan tol Jakarta - Surabaya ini, jarak tempuh dari Jakarta ke Surabaya selama 12 jam bisa di tempuh hanya 8 jam saja, yang berarti kemacetan jarang kita jumpai. Dengan lancarnya inilah maka akan timbulnya masalah terkait dengan keselamatan berlalu lintas karena berjalan lebih cepat dan mulus tanpa adanya hambatan. Karena itulah kami melihat dua hal, pertama dari Dishub tetap membatasi terkait dengan kecepatan kendaraan yang melewati jalan tol maksimal 100 km/jam. Kita melakukan cara - cara dalam pembatasan kecepatan kendaraan yang salah satunya menempatkan kamera - kamera di beberapa titik. Walapun jarak Jakarta sampai Surabaya bisa di tempuh hanya selama 12 jam dan bisa kurang tetapi jangan karena ini akan menimbulkan bahaya bagi pengemudinya " kata Budi Karya Sumadi.

Dalam peninjauan yang menjadi sasaran utama pengecekan adalah kendaraan roda enam atau bus yang pada musim liburan sekolah banyak digunakan untuk melakukan kegiatan study tour.

 

Kendaraan bus yang pertama kali di cek merupakan rombongan wisata yang sedang terparkir di lahan parkir yang disediakan oleh TWC. Dalam pengecekan ini, Menteri Perhubungan mengecek langsung kelengkapan bus tersebut meliputi kir yang masih berlaku masa berlakunya, peralatan pendukung keselamatan dan klakson yang sesuai dengan peruntukannya.

 

Dalam peninjauan tersebut Menteri Perhubungan berpesan kepada pengemudi untuk selalu mengutamakan keselamatan para penumpang, dalam berkendara selalu untuk mematuhi seluruh peraturan lalu lintas yang sudah di sediakan.

 

Selesai melakukan peninjauan kendaraan, rombongan kemudian melanjutkan peninjauan kendaraan di lokasi lainnya dengan menggunakan helikopter yang semula di gunakannya.

 


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan