Mengenal Balkondes Ngaran Borobudur

Borobudur selalu menjadi pesona wisata membanggakan yang terus diburu wisatawan. Paket wisata yang ditawarkan kian lengkap dengan keberadaan balkondes, buah ide kreatif Kementerian BUMN.

Melalui balkondes, BUMN berupaya meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pelaku UMKM setempat serta mengangkat kekayaan seni budaya tradisional. Hal ini sejalan dengan semangat pemerintah untuk mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik, termasuk pariwisata.

Salah satu Balkondes binaan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero), Balkondes Ngaran memiliki beberapa kamar penginapan dengan sejumlah fasilitas, seperti adanya joglo atau pendopo dan area pernak-pernik tradisional. Selain itu ditempat ini juga menyajikan aneka hidangan kuliner khas tradisional Magelang yang patut dicoba.

Pengelola Balkondes Ngaran, Agus mengaku bahwa keberadaan Balkondes Ngaran ini dapat membantu kemandirian masyarakat desanya. "Kami memiliki 20 pegawai tetap di tempat ini. Alhamdulillah, pada tahun 2018 kami dapat menyumbang dana 100 juta ke PAD Desa Borobudur." terangnya.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan