Membangun & Mengembangankan Destinasi Wisata Harus Perhatikan Masyarakat

Dalam membangun maupun mengembangan destinasi wisata di wilayah Indonesia haruslah memperhatikan masyarakat sekitar.

Masyarakat sekitar dapat berupa kegiatan sosial, ekonomi, kearifan lokal dan budaya.

Hal tersebut seperti dikatakan oleh Direktur Utama PT. TAMAN wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko (persero) Ir. Edy Setijono, MBA dalam penyambutan kunjungan mahasiswa arsitektur UGM pagi tadi.

Dirut PT TWC mencontohkan, saat pertama kali menjabat sebagai dirut utama di BUMN ini, Ia merasa heran karena di masyarakat di sekitar Candi Borobudur sangat jauh dari ekonomi menengah. Hal tersebut berbeda jauh dengan Borobudur sendiri yang dapat dikunjungi oleh wisatawan hingga 5 juta per tahun.

Borobudur sendiri terletak di Kecamatan Borobudur. Dan secara administrasi di kecamatan tsb terdapat 22 desa. 18 desa diantaranya merupakan desa miskin.

Untuk itulah, melalui sinergi BUMN , pihaknya membangun Balai Ekonomi Desa Balkondes di desa desa tersebut dengan tujuan memakmuran kesejahteraan masyarakat ekonomi sekitar destinasi wisata borobudur.

Sebelum ada balkondes, ada 3 hingga 4 ribu masyarakat yang hanya me jadi pedagang asongan di sekitar wilayah borobudur.

Saat ini, masyarakat dapat beralih dengan mengembangkan potensi di wilayah atau desa masing masing untuk mengelola balkondes, homestay , kesenian maupun atraksi wisata lainya.

Hal yersebut juga diberlakukan di Candi Prambanan serta Ratu Boko .

Untuk diketahui, kunjungan mahasiswa arsitektur UGM ini diterima langsung oleh dirut dan didampingi oleh prof windu serta 3 asisten dosen.

Rombongan yg berjumlah 70an mahasiswa arsitektur UGM ini diterima di pendopo PT TWC dan selanjutnya akan diajak berkeliling melihat kemegahan Candi Prambanan

Sebelumnya Prof Windu menjelaskan bahwa kunjungan mahasiswa ini merupakan tugas kampus untuk melihat lebih dekat dengan peninggalan sejarah serta belajar tentang pelestarian cagar budaya dan pengembangan obyek wisata baik manajemen dan hukum hukum yg terdapat di dalammnya jika terkait dengan cagar budaya.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan