Lebaran, TWC Borobudur Siapkan Wahana Wisata Baru.

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) / PT TWC melakukan berbagai persiapan dalam rangka menyambut Masa Ramai Libur Lebaran 1438 H / Tahun 2017. Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang jasa pariwisata, tentu saja PT TWC harus mampu memberikan pelayanan prima kepada wisatawan yang berkunjung, terutama pada peak season seperti Masa Ramai Libur Lebaran ini. PT TWC menetapkan Masa Ramai Libur Lebaran 2017 ini selama 11 hari terhitung sejak 22 Juni 2017 sampai 2 Juli 2017. Untuk meningkatkan pelayanan bagi wisatawan, PT TWC menyiapkan beragam wahana wisata baru.
Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) menargetkan jumlah wisatawan selama Masa Ramai Lebaran 2017 ini sebanyak 316.792 orang, terjadi kenaikan 8% diatas realisasi tahun lalu. Selama Masa Ramai Lebaran 1438 H / 2017 ini, TWCB didukung oleh Departemen Marketing PT TWC menyediakan beberapa Atraksi Seni & Budaya seperti Bergodo, Punokawan, dan juga Spot Foto Payung Teduh berlatarbelakang Candi Borobudur, serta Spot Foto lainnya. Selain itu, ada ragam wahana wisata menarik lainnya seperti Kereta Taman, Andong Wisata, Kuda Tunggang, Sepeda Wisata, Paket Wisata Desa dengan VW, Dapur Foto Tempo Dulu, Jemparingan, dsb. 
TWCB juga melibatkan warga masyarakat Borobudur, untuk berkreasi menampilkan hasil karya kreativitas mereka sehingga wisatawan memiliki wawasan baru bahwa Borobudur tidak hanya memiliki candi saja namun juga memiliki potensi wisata lain yang membanggakan dari masyarakat Borobudur itu sendiri. Ini merupakan salah satu wujud kepedulian PT TWC dalam membantu mempromosikan beragam potensi desa sekitar Borobudur, diantaranya Kesenian Cokean, Sendratari Karmawibhangga, Keroncong, Wayang Kulit, Kesenian ASKRAB, Kesenian Warung Info Jagad Cleguk, serta Pameran UMKM potensi desa di Kecamatan Borobudur. Seluruh sajian atraksi tambahan ini disediakan secara khusus untuk menghibur pengunjung, sebagai bentuk pelayanan terhadap wisatawan. 
Persiapan lain yang dilakukan masing-masing unit diantaranya ploting petugas, salahsatunya dengan penambahan jumlah personil pengamanan dan operasional sebanyak 254 yang meliputi POLRI, TNI, Ormas, Pramuka, dsb. Pengaturan arus baik masuk maupun keluar, keamanan bekerjasama dengan PAM Samping, kantong-kantong parkir bekerjasama dengan warga masyarakat, serta peningkatan sarana prasarana dan fasilitas bagi wisatawan. Untuk pengelolaan parkir di luar areal TWCB, bekerjasama dengan warga masyarakat sekitar yang pendapatannya diserahkan sepenuhnya kepada warga masyarakat. Selama Masa Ramai Liburan Lebaran ini, TWCB juga memperpanjang jam operasional loket dari 17.00 WIB menjadi 17.15 WIB, dan perpanjangan jam tutup candi dari 17.30 WIB menjadi 17.45 WIB.

 


Kategori Berita