Keraton Ratu Boko Gelar Pelatihan K3 bagi Karyawan

Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) adalah bidang yang terkait dengan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan manusia yang bekerja di sebuah institusi maupun lokasi proyek yang bertujuan untuk memelihara kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja. Sebanyak 60 orang karyawan di Taman Wisata Keraton Ratu Boko hari ini Kamis 14 September 2017 mengikuti pelatihan K3 dan pelatihan operasional sarana dan prasarana yang harus diketahui oleh karyawan di Keraton Ratu Boko bagi satuan pengamanan.

General Manager Keraton Ratu Boko Aryono Hendro mengatakan pelatihan hari ini untuk menangani kebakaran dalam simulasi kebakaran.

“Kita adakan pelatihan K3 dengan pemadam kebakaran. Kita sudah mengundang dari damkar. Kita berlatih untuk menangani kebakaran dalam simulasi kebakaran. Jumlah pesertanya ada 60 orang. Dari tenaga pengamanan, tenaga operasional, dari restaurant maupun dari tenaga administrasi. Jadi setiap orang diminta ikut aktif, apabila ada kejadian kebakaran sekecil apapun ditempat kerja, mereka sudah dapat mengambil langkah – langkah minimal untuk dapat dilakukan terlebih dahulu. “

“Kita mencoba untuk merefresh ulang keterampilan dari para satuan pengamanan karena satuan pengamanan yang ada di Keraton Ratu Boko adalah satuan pengamanan baru. Jadi kita perkenalkan prasarana yang harus mereka ketahui minimal untuk dioperasikan. Salah satunya adalah Genset. Jadi setiap satuan pengamanan diharapkan bisa mengoperasionalkan genset apabila listrik mati. Jadi ini keperluan kita untuk sarana tegangan atau arus yang diperlukan untuk penerangan, mereka harus tahu bagaimana mengoperasionalkan. Paling tidak ini bisa untuk mitigasi. Diharapkan dari semua personel di Keraton Ratu Boko ini sadar akan keselamatan dan kesehatan di tempat kerja masing – masing. “ tambah Aryono.

 


Kategori Berita