Kenapa Harus Menonton Sendratari Rayamana

Wisatawan biasanya mencari sesuatu yang khas dari kota atau tempat wisata yang dikunjunginya. Jika berkunjung ke Yogyakarta, banyak hal yang menjadi khas dari daerah tersebut. Salah satu contohnya adalah menyaksikan pertunjukkan monumental Sendratari Ballet Ramayana.

Kamu bisa menyaksikan kemegahan Candi Prambanan yang menyala terang oleh lampu sorot berwarna kekuningan. Eksotisme Candi Prambanan semakin terpancar saat digelarnya pertunjukkan Sendratari Ballet Ramayana, karena saat pementasan dimulai, lampu-lampu berwarna kekuningan tersorot ke arah candi. Candi Siwa yang berdiri menjulang paling tinggi akan memunculkan suasana mistis dan anggun.

Mendengarkan syahdunya ritme dan tempo bunyi kenong, gambang, saron kendang dan gong akan menambah syahdunya ketenangan malam. Namun, saat kamu berada di area pertunjukkan, ritme dan tempo kenong, gambang, saron kendang, dan gong mengalun dengan syahdu seakan kembali pada jaman dahulu. Bahkan, bebunyian alat musik tradisional tersebut mampu menciptakan suasana “mistis”. Keindahan lenggok penari saat mengungkapkan karakter tokoh yang diperankannya akan membuatmu merinding kagum.

Di balik topengnya, penari berlenggak-lenggok dinamis sesuai dengan karakter yang dibawakannya. Gerakan Rama yang begitu tenang, Rahwana yang menampilkan gerakan tegas, sedikit kasar dan jenaka, lalu ada Shinta yang menari dengan gemulai.

Atraksi-atraksi yang menghibur dan teatrikal, seperti yang ditampilkan oleh segerombolan pasukan Hanoman semakin menambah greget pertunjukan. Apalagi saat Hanoman berlari membawa obor dan membakar jerami yang ada di atas kiri dan kanan panggung. Api besar menyala tidak bisa dielakan. Suasana pementasan semakin semarak dan greget.

Pertunjukkan tari yang luar biasa mengagumkan. Ballet Ramayana akan menambah kekagumanmu pada warisan budaya Indonesia. Tidak hanya wisatawan lokal, turis-turis mancanegara pun sangat mengagumi Sendratari Ballet Ramayana.

Kamu akan menyaksikan kisah cinta paling romantis di tanah Jawa antara Rama, Shinta, dan Rahwana. Inti kisah Ballet Ramayana adalah perjuangan Rama melawan Rahwana untuk mendapatkan kembali Shinta. Dengan bantuan Hanoman, Rama akhirnya bisa mengalahkan Rahwana.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan