Kemah Budaya Kaum Muda Di Candi Prambanan

Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengajak anak muda Indonesia untuk bergabung dalam acara Kemah Budaya Kaum Muda. Kegiatan yang rencananya diselenggarakan pada 21 sampai 25 Juli 2019 di Kompleks Candi Prambanan, Jawa Tengah ini diperuntukkan bagi anak muda berusia 18 sampai 28 tahun.

Kegiatan ini berbasis interaksi kreatif antar-kaum muda sebagai garda depan (avant-garde) pemajuan kebudayaan dengan menggunakan pendekatan terpadu di bidang STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts dan Mathematics). Selain sebagai inkubator inovasi pemajuan kebudayaan, kemah ini juga menjadi ruang kerja bersama bercorak gotong royong dan ruang fasilitiasi atas usaha di bidang pemajuan kebudayaan.

Peserta KBKM terdiri atas 1.204 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia. Sebanyak 602 peserta berasal dari seleksi terbuka dan 602 peserta merupakan seleksi dari wakil kabupaten/kota yang telah menyusun Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) pada saat KKI 2018. Dalam program ini, kelompok pendaftar harus memilih empat tipe macam ide yang akan dibawa dalam program kemah budaya ini, yaitu, Purwarupa Aplikasi, Purwarupa Fisik, Aktivasi Kegiatan, Aktivasi Kajian.

Saat ini, sudah terpilih 140 kelompok yang berhak mengikuti kegiatan kemah budaya di Candi Prambanan ini. 140 kelompok ini terdiri dari 49 kelompok purwarupa aplikasi, 32 kelompok purwarupa fisik, 32 kelompok aktivasi kegiatan dan 27 kelompok aktivasi kajian.

Selamat kepada peserta dan kelompok terpilih, dan sampai jumpa di Candi Prambanan!


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan