Keistimewaan Situs Ratu Boko

Situs Ratu Boko merupakan peninggalan situs arkeologi berupa bekas istana yang terdiri dari beberapa bangunan. Situs ini dikelola oleh sebuah perusahaan BUMN yaitu PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko (Persero).

Kraton Ratu Boko terdapat di Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ratu Boko mempunyai luar sekitar 25 ha. Dahulu, situs ini digunakan sebagai benteng pertahanan di abad ke-8 pada masa Wangsa Sailendra atau Rakai Panangkaran yang berasal dari Kerajaan Medang (Mataram Hindu).

Keistimewaan Ratu Boko bisa dilihat dari segi kompleks bangunan. Hal ini terlihat jelas dan berbeda dengan bangunan serupa candi pada umumnya. Terdapatnya bekas bangunan kolam renang mengisyaratkan bahwa tempat ini dulunya memang sebuah kompleks istana. Selain itu, letaknya yang berada diatas bukit sebagai tanda terdapatnya mata air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Keistimewaan yang lain adalah adanya Candi Pembakaran untuk sesembahan di masa lalu. Dari Candi Pembakaran, terdapat sebuah sumur suci yang konon dulunya digunakan warga untuk upacara keagamaan. Para penganut Agama Hindu juga sering menggunakan air yang ada di sumur itu untuk perayaan Tawur Agung.

Menariknya lagi, di Ratu Boko terdapat 2 buah goa yang disebut Goa Lanang dan Goa Wadon. Relief pada Goa ini menggambarkan alat yang dimiliki oleh laki-laki dan wanita. Yang dianggap sebagai perwakilan Siwa dalam ajaran agama Hindu. Penyatuan antara yoni (cewek) dan lingga (cowok) dipercaya akan membawa kesejahteraan bagi semuanya. Tempat ini diprediksi sebagai tempat bermeditasi pada jaman dahulu.

Selain menikmati keindahan bangunan yang ada di sekitar Ratu Boko, Anda juga dapat melihat kemegahan Candi Prambanan dari atas bukit istana. Menanti sunset (matahari tenggelam) dari atas bukit merupakan moment yang paling ditunggu-tunggu jika berlibur ke Kraton Ratu Boko.

Mari Nikmati Keistimewaan Kraton Ratu Boko!


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan