IIP BUMN DIY Selenggarakan Seminar Parenting Berbasis Karakter

Ikatan Istri Pimpinan Badan Usaha Milik Negara (IIP BUMN) DIY menyelenggarakan kegiatan Seminar Parenting di Hotel Inna Garuda Yogyakarta, 24 Februari 2017. Ikatan Istri Pimpinan Badan Usaha Milik Negara  (IIP-BUMN) adalah organisasi yang mempunyai tujuan menghimpun dan mengoptimalkan potensi  para anggotanya, dan berpartisipasi aktif dalam program pemerintah dalam menangani permasalahan sosial yang ada dalam masyarakat. IIP juga berkewajiban melaksanakan Program dari Organisasi Aksi Solidaritas Era (Oase) Kabinet Kerja. 

OASE merupakan sebuah perkumpulan para pendamping menteri dan unsur eksekutif lain, bersifat non profit dan berbadan hukum yang mewadahi serangkaian program yang mendukung tercapainya nawacita Presiden Jokowi yang terkait upaya revolusi mental dan pemberdayaan masyarakat yang melibatkan berbagai kementrian/ institusi/ lembaga terkait yang sudah sejak lama ada secara professional di masyarakat dengan bersinergi bisa ikut mendukung tercapainya visi, misi dan tujuan OASE-Kabinet Kerja. Misi OASE adalah menjalankan Pendidikan Karakter, Upaya Peningkatan Kualitas Keluarga, Melakukan Kegiatan Pemberdayaan Sosial Budaya

Dalam rangka merealisasi program kerja IIP BUMN DIY, sesuai instruksi Pengurus IIP BUMN Pusat dan amanah Ibu Negara melalui Program OASE, maka Pengurus IIP BUMN Korwil DIY  mengadakan Seminar Parenting Berbasis Karakter, dengan Tema “Mengembalikan Peran Penting Wanita Indonesia dalam Menyiapkan Generasi Penerus yang Unggul” pada bulan Februari 2017 lalu di Hotel Inna Garuda, Jl. Malioboro Yogyakarta.

Seminar diikuti sekitar 350 peserta yang terdiri dari anggota IIP BUMN DIY, Isteri Karyawan dan Karyawati Instansi Anggota BUMN DIY, Guru PAUD se DIY, dan Komunitas Perempuan di DIY. Seminar ini menghadirkan pembicara Ahli Pendidikan dan Phsikologi Anak, yang menyampaikan materi terkait Program Advokasi Parenting yaitu:

  1. Pengasuhan Ramah Otak
  2. Membentuk Kelekatan Ibu-Anak Sejak Dini : Kunci Jiwa Sehat, Cerdas dan Kreatif.
  3. Tahap Perkembangan Moral Anak
  4. Komunikasi Positif Untuk Membentuk Karakter Anak

Ketua IIP BUMN dalam hal ini istri Sekretaris Menteri BUMN, Ibu Eri Imam Apriyanto sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini.

“Kami IIP BUMN Pusat menginstruksikan kepada IIP BUMN DIY untuk menyelenggarakan kegiatan ini sesuai amanah dari Ibu Negara melalui Program OASE. Untuk itu kami memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada IIP BUMN DIY yang telah melaksanakan kegiatan ini dengan baik. Besar harapan kami, kegiatan seperti ini secara berkelanjutan dapat terus dilaksanakan. Semoga dapat memberikan kemanfaatan yang besar bagi kita semua, dalam mengembalikan peran penting wanita Indonesia guna menyiapkan generasi penerus yang unggul”, kata Ibu Eri Imam Apriyanto.

                Sementara itu, Ketua IIP BUMN wilayah DIY, dalam hal ini istri Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko, Ibu Heriyanti Suzana Edy Setijono menjelaskan  tujuan IIP DIY menyelenggarakan Seminar Parenting Berbasis Karakter ini.

“Kami melaksanakan program kerja, namun demikian kami mempunyai tujuan jangka panjang yaitu mengadakan pemberdayaan para guru-guru PAUD dalam mendampingi anak-anak usia dini. Khususnya untuk anak yang ibunya mengerjakan tugas lain sehingga harus mengalihkan tugas utamanya sebagai pendidik dan pengasuh anak kepada orang lain, dalam hal ini pengasuh PAUD dan TK. Selain itu kami juga akan menyelenggarakan seminar-seminar lanjutan dengan tema Parenting dan Pola Asuh untuk anak”, kata Heriyanti Suzana Edy Setijono atau yang lebih akrab disapa Suzan.

                Suzan juga menambahkan, besar harapannya semoga dengan mengikuti Seminar Parenting Berbasis Karakter ini, para peserta dapat lebih memahami pentingnya peran pengasuhan anak di usia dini agar menjadi anak yang unggul dikemudian hari secara lahir dan batin.


Kategori Berita