Gelaran Fashion Show Eco-print Di Ratu Boko

Menjadi salah satu pusat industri batik yang merupakan kekayaan ragam tekstil tanah air, Yogyakarta merupakan daerah yang terus berinovasi. Hal ini menjadi sebuah kewajiban bagi indutri fashion yang terus bergerak mengikuti zaman.

Tata busana yang menjadi sebuah kebutuhan manusia menjadikan indutri ini juga turut menyumbang kerusakan lingkungan yang cukup mengkhawatirkan. Tren fast-fashion yang sedang ngetren di kota-kota besar Indonesia memperburuk catatan industri fashion bagi lingkungan.

Menurut data Environmental Protection Agency, sekitar 15,1 juta ton sampah tekstil diproduksi pada tahun 2013. Produk-produk fashion, terutama yang berharga murah, seringkali menggunakan bahan kimia dan pewarna berbahaya dalam memproduksi kain dan pakaian. Selain itu, penggunaan dan pencemaran air dalam skala besar menjadi momok tambahan dari industri ini.

Hal inilah yang memprakarsai beberapa gerakan dari kalangan pecinta fashion untuk menciptakan produk yang lebih ramah lingkungan, tanpa meninggalkan pencapaian dari segi estetika dan juga mode yang tak ketinggalan zaman.

Salah satu komunitas yang mencintai fashion dengan kesadaran menjaga lingkungan tinggi itu ialah Komunitas Rona Jejak Alam Dalam Karya (ROJAK). Komunitas ini bergerak untuk menyebarkan kecintaan terhadap fashion berbasis eco-printing.

Eco printing adalah teknik cetak yang memanfaatkan pewarna alami. Teknik ini prosesnya sederhana dan tidak melibatkan mesin atau cairan kimia. Teknik eco printing biasa diaplikasikan pada bahan berserat alami seperti kain kanvas atau katun yang mampu menyerap warna dengan baik.

Komunitas ROJAK mengagendakan kegiatan fashion show serta gelar karya yang akan dilaksanakan di halaman gerbang utama Keraton Ratu Boko, Prambanan, Sleman, Yogyakarta, Minggu (10/11/2019). Dalam gelaran ini juga diadakan gebyar kolaborasi, gelar karya, gelora lelang karya semesta dan gempita rona karya.

Gelaran ini merupakan event nasional yang akan menghadirkan para desainer yang peduli pada lingkungan dan mengembangkan teknik eco-print dalam busana kerajinan yang dihasilkannya.

Kegiatan ini akan menampilkan 500 karya perancang busana. Berlangsung di Andrawina Resto, kompleks Keraton Ratu Boko, pameran ini akan berlangsung meriah dengan ragam barang kerajinan yang mempesona. Selain menampilkan berbagai kerajinan ecoprint yang menawan, gelaran ini juga akan menampilkan peragaan busana yang diadakan di depan pintu gerbang utama Keraton Ratu Boko.

Mari Berkunjung Ke Keraton Ratu Boko!


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan