Etika Berkunjung Ke Candi

Candi merupakan destinasi wisata yang banyak dikunjungi orang terutama ketika liburan.Terlebih candi terkenal seperti Borobudur,Prambanan, dan Ratu Boko.Banyak wisatawan yang berkunjung ketika hari libur begitu banyak.
Namun, ada beberapa etika yang wajib dipatuhi oleh pengunjung candi.
Berikut adalah beberapa etika yang harus dipatuhi pengunjung candi:
1. Tidak Melakukan Vandalisme 
Pembersihan candi tidak bisa menggunakan bahan kimia seperti sabun karena batu candi yang berusia ratusan tahun sangat rentan jika sampai terkena bahan kimia.Oleh karena itu, kegiatan vandalisme seperti mencorat-coret candi jelas dilarang.Selain itu, corat-coretan di candi dapat mengancurkan peninggalan kejayaan peradaban masa lalu itu.
2. Tidak Berpose Berlebihan Di Foto 
Berfoto di candi pun juga tidak bisa dilakukan sesuka hati.Pose berlebihan seperti berlompat ramai-ramai atau memanjat stupa haruslah dihindari karena bisa merusak candi.
3. Mematuhi Peraturan Yang Berlaku
Tentu aturan itu harus dipatuhi agar bangunan candi tetap terjaga dan awet.Aturan itu juga dibuat supaya adat istiadat,tradisi dan tradisi tetap terjaga.
4. Menhormati Orang Yang Beribadah 
Seringkali kegiatan peribadatan dilakukan berdampingan dengan aktivitas wisata.Tentu wisatawan harus mendahulukan mereka yang datang untuk kepentingan ibadah,meski agama dan keyakinan berbeda.Juga jangan sampai pula mengganggu jalannya peribadatan.
5. Jaga Sikap Dan Perkataan
Menjaga sikap salah satunya dengan tidak berlarian di kawasan candi.Tidak Membuang sampah sembarangan juga merupakan wajib dilakukan.
6. Perhatikan Pakaian Yang Dikenakan
Baju yang sopan menjadi pilihan yang tepat ketika berkunjung ke candi.tidak hanya di candi masih digunakan sebagai tempat ibadah,penhormatan dengan berpakaian sopan juga lebih baik dikenakan ketika mengunjung situs candi lainnya.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan