Dirut TWC Terima Kunjungan Perwakilan UNESCO dan Pengelola Situs Machupiccu

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) Edy Setijono beserta Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya, Direktorat Jenderal Kebudayaan Republik Indonesia Nadjmuddin Ramly dan GM Komersial PT TWC Emilia Eny Utari menerima kunjungan perwakilan UNESCO beserta pengelola situs Machupiccu di Kantor Pusat PT TWC, Sleman, Yogyakarta, Rabu (6/3).

Kunjungan tersebut dalam rangka pertukaran ide dan pikiran dalam pengelolaan objek wisata warisan dunia, dalam hal ini kepengelolaan Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Para tamu tersebut berpendapat bahwa ada kesamaan antara kepengelolaan Candi Borobudur dan Machupicchu sebagai situs warisan dunia.

Hadir dalam kesempatan tersebut Adine Gavazzi ( Cattedra UNESCO “Antropologie della Salute-Biosfera a Sistemi di Cura” Universita degli Studi, Geneva) dan Jose M.Bastante (Director Programa de Investigaciones Arquelogicas & Interdiciplinarias En El Santuario Historico De Machupicchu). Diskusi berjalan hampir satu jam dengan berbagai pertukaran informasi yang berguna bagi kedua belah pihak. Pertemuan tersebut diakhiri dengan saling memberikan buah tangan.

Adine Gavazzi pun menerangkan kekagumannya dengan pengelolaan Candi Prambanan yang menurutnya sangat alami dan hijau, sehingga membuatnya nyaman saat berada disana. “Sangat alami. Kesejukan alamnya masih terjaga. Panorama sangat indah.” Terangnya seusai diskusi berlangsung.

Dengan adanya diskusi ini diharapkan terjadi pertukaran informasi antara pengelola Machupicchu Sites dan pengelola Candi Borobudur sebagai Warisan Dunia, sehingga dapat mengatasi berbagai masalah yang terjadi di masing-masing situs.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan