Dinpar Provinsi Yogyakarta Lakukan Kunjungan Di Taman Wisata Candi Prambanan

Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta berkunjung ke Taman Wisata Candi Prambanan dalam rangka untuk melakukan kajian mengenai pramuwisata di Candi Prambanan, Senin (10/2/2020). Kunjungan ini langsung diterima oleh Manager Pelayanan dan Pemasaran TWC Unit Prambanan Agus Setiawan serta Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Prambanan Purwana.

"Kunjungan ini sebagai masukan dalam kajian penyusunan Perda Pramuwisata di Provinsi Yogyakarta," terang Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Dinas Pariwisata DIY (Dispar DIY) Marlina Handayani.

Sementara itu, Manager TWC Unit Prambanan mengusulkan untuk melakukan standarisasi serta sertifikasi bagi Pramuwisata. Kebutuhan ini sejalan dengan kebutuhan dunia pariwisata yang kian kompetitif dan bersandar kepada profesionalitas kerja.

Sementara itu, Ketua HPI Candi Prambanan Purwana menyetuji agenda dari sertifikasi bagi Pramuwisata. "Selain sertifikasi juga diadakan agenda pelatihan bagi Pramuwisata. Dalam pelatihan ini, teman-teman bisa belajar serta memahami karakteristik dunia pariwisata yang kian maju," terang pria yang akrab disapa Luna ini.

HPI Unit Prambanan sendiri memiliki anggota sebanyak 32 orang. "Dari semua itu hanya 24 yang aktif. Mereka ini terbagi menjadi dua domisili, yang dari Jawa Tengah sebanyak 12 orang, sisanya dari Sleman." Kata Luna menambahkan.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan