Di Candi Borobudur, Obama Mengenang Masa Kecilnya

Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menjadi salah satu tempat yang menyimpan kenangan masa kecil mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Obama sewaktu kecil pernah berwisata ke candi umat Buddha terbesar di dunia itu bersama keluarganya ketika masih tinggal di Indonesia.

"Beliau ( Obama) sangat senang kembali ke Borobudur. Beliau menyampaikan bahwa waktu kecil pernah berkunjung ke sini. Apalagi sekarang mengajak keluarga besarnya," kata Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Edi Setijono, yang ikut

Obama datang ke Candi Borobudur dalam rangka kunjungan wisata setelah sebelumnya mereka berwisata di Pulau Bali.

Obama mengajak keluarganya, antara lain istri, Michele Obama, dua putrinya dan adik tirinya Maya Soetoro.

Rombongan Obama tiba di komplek Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) sekitar pukul 16.34 WIB.

Mereka langsung naik ke zona I Candi Borobudur melalui pintu VII Hotel Manohara dan pintu Kenari sisi barat candi. Rombongan meninggalkan TWCB sekitar pukul 17.20 WIB.

Meski cukup singkat, rombongan Obama menyempatkan naik hingga lantai 10 atau stupa puncak monumen peninggalan Raja Samaratungga pada Dinasti Syailendra ini.

Mereka mendapatkan penjelasan dari seorang pemandu dan berfoto ria. Pada saat itu, candi tidak ditutup untuk wisatawan.

Hanya, ia mengatur arus wisatawan yang naik ke candi. Sebagian arus dialihkan melalui jalan yang tidak dilalui rombongan.

"Sebenarnya ini biasa, kami sering kedatangan tamu negara jadi kami atur flow-nya saja. Kami tidak menutup untuk wisatawan," kata Tyo, panggilan Edi Setijono.

http://regional.kompas.com/read/2017/06/29/05584551/di.candi.borobudur.obama.mengenang.masa.kecilnya


Kategori Berita
Sub Kategori Kegiatan