Ceria Bersama Keluarga di Keraton Ratu Boko

Ratu Boko terletak sekitar 3 km ke arah selatan dari Candi Prambanan. Kawasan Ratu Boko yang berlokasi di atas sebuah bukit dengan ketinggian ± 195.97 m diatas permukaan laut.

Situs Ratu Boko sebenarnya bukan sebuah candi, melainkan reruntuhan sebuah kerajaan. Oleh karena itu, Candi Ratu Boko sering disebut juga Keraton Ratu Boko. Disebut Kraton Boko, karena menurut legenda situs tersebut merupakan istana Ratu Boko, ayah Rara Jonggrang.

Diperkirakan situs Ratu Boko dibangun pada abad ke-8 oleh Wangsa Syailendra yang beragama Buddha, namun kemudian diambil alih oleh raja-raja Mataram Hindu. Peralihan ‘pemilik’ tersebut menyebabkan bangunan Kraton Boko dipengaruhi oleh Hinduisme dan Buddhisme.

Keraton Ratu Boko yang terletak diatas bukit menjadikannya memiliki pemandangan alam yang begitu indah. Kini Keraton Ratu Boko juga menghadirkan permainan tradisional tempoe dulu yang penuh edukasi bagi anak-anak dan keluarga.

“ Setelah mengelilingi obyek Keraton Ratu Boko, bapak ibu wisatawan bersama keluarga bisa mengajak putra putrinya bermain permainan tempoe dulu yaitu egrang, kelereng dan lomba bakiak. Permainan ini seru dan membutuhkan konsentrasi. Kegiatan ini juga bisa membangun keakraban dan kekompakan bersama keluarga”kata GM Ratu Boko Wiharjanto.

Menurut Wiharjanto, hal ini merupakan bagian dari upaya Taman Wisata Candi untuk mengenalkan permainan – permainan tradisional ini kepada anak – anak sebagai bagian dari melestarikan budaya bangsa.

“ Di Ratu Boko juga para pengunjung dapat berfoto bersama keluarga dengan menggunakan busana tradisional. Bisa juga berfoto bersama burung beo yang ramah dengan background Keraton Ratu Boko. Disini juga memiliki pemandangan sunset yang luar biasa indah. Ini adalah salah satu tempat untuk menyaksikan sunset terbaik di Jogjakarta. Setelah puas bermain bersama keluarga, kami juga mengundang wisatawan untuk menuju ke Boko Resto. Boko Resto ini menyediakan aneka hidangan yang lezat. Keindahan panorama di Boko Resto ini juga luar biasa. Untuk itu mari berwisata ke Keraton Ratu Boko. “ tambah Wiharjanto.

 

Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan