Candi Prambanan dan Mitos Putus Cinta

Dalam penampilannya di Prambanan Jazz Festival 2019, penyanyi Anggun menceritakan pengalamannya ketika berkunjung ke Candi Prambanan beberapa tahun yang lalu bersama pacarnya.

"Mitos itu katanya kalau ke Candi Prambanan bersama pacar bisa putus, dan ternyata benar terjadi kepada saya, kejadiannya dulu saya pernah manggung disini (Candi Prambanan) mengajak pacar dan benar putus di tengah jalan" Terang Anggun yang secara sontak bersorakan.

Candi Prambanan memiliki mitos yang cukup terkenal di kalangan masyarakat. Konon, jika sepasang kekasih yang belum menikah datang ke sana, hubungan mereka akan berakhir tak lama setelahnya.

Seperti diketahui, Candi Prambanan tak lepas dari kisah Roro Jonggrang dengan Bandung Bondowoso. Kala itu, Bandung Bondowoso diharuskan membangun 1.000 candi. Roro Jonggrang juga meminta pembangunan dilakukan dalam waktu satu malam sebagai syarat untuk menikahinya.

Akan tetapi, Bandung Bondowoso tidak bisa memenuhi permintaan Roro Jonggrang, karena fajar sudah terlanjur datang. Rupanya, Roro Jonggrang lah yang telah menggagalkan usaha Bandung Bondowoso dengan membuat seolah-olah fajar telah tiba.

Bandung Bondowoso yang mengetahui hal tersebut lantas murka pada Roro Jonggrang. Kemudian, ia mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca di Candi Prambanan, yang saat ini masih bisa dilihat.

Menurut cerita, dahulu orang-orang di sekitar Candi Prambanan datang ke sana untuk berdoa di patung Roro Jonggrang. Kebetulan, yang berdoa tersebut merupakan pasangan-pasangan yang ingin menikah. Namun, setelah berdoa, justru ada salah satu pasangan yang gagal menikah dan hubungannya putus di tengah jalan.

Peneliti Belanda J Brugmans mencatat, dahulu tahun 1915 saat candi ini baru dibersihkan, orang-orang di sekitar masih datang ke Prambanan untuk memuja patung Roro Jonggrang. Mereka datang kebanyakan pasang-pasangan yang mau menikah dan bikin sesaji.

Akhirnya, ada satu dari mereka setelah mengirim sesaji di sana, gagal menikah dan putus. Entah itu kebetulan atau memang terjadi, karena tidak jadi menikah setelah itu tidak ada lagi orang yang datang lagi ke sana untuk meminta doa kepada Dewi Roro Jonggrang.

Kemudian mitos yang beredar adalah kalau mereka (sepasang kekasih) datang ke sana, maka kisah cintanya akan berakhir. Karena dua orang tadi itu terkenal (dari kalangan bangsawan), sehingga lebih dipercaya kalau datang ke sana malah tidak akan menikah atau gagal menikah.

Namun, ada dua versi cerita yang beredar di sana. Pertama, kedua pasangan yang datang ke patung Roro Jonggrang benar-benar tidak menikah. Kedua, bahwa memang cerita ini dibuat agar orang-orang tidak ke sana dan tidak memberikan sesaji lagi kepada Roro Jonggrang.

*Berbagai sumber


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan